Puasa Senin-Kamis, Ini Keutamaan, Manfaat Kesehatan dan Spiritualitas yang Diperoleh

pic by: canva.com

Ibadah puasa tidak hanya dilakukan saat bulan Ramadhan. Umat Islam juga dapat melaksanakan puasa di hari biasa guna mendapatkan manfaat kesehatan dan spiritual, seperti puasa sunah Senin Kamis yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Manfaat puasa Senin Kamis sangat berlimpah, dari sisi kesehatan maupun spiritualitas.

Rasulullah SAW  bersabda :”Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa dalam kondisi berpuasa”. (HR.Tarmidzi).

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Puasa Senin dan Kamis dan puasa sunnah yang lain memiliki keutamaannya masing-masing. Namun, lebih khusus untuk puasa Senin dan Kamis, ada beberapa hadits menunjukkan mengenai keutamaan menjalankan puasa dua hari dalam satu peka tersebut.

Dari Abu Qatadah r.a, Rasulullah SAW ditanya terkait puasa Senin. Lalu Rasul pun menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Selanjutnya, pada hadits lain juga menjelaskan : “Dari Abi Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda: “Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa.” (HR. Turmudzi)

Doa Puasa Sunah Senin Kamis

1. Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan lillaahi taaalaa.

Artinya: “Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah Taala”.

2. Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatan lillaahi taaalaa.

Artinya : “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah Taala”.

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan

1. Menurunkan Kadar Lemak

Saat berpuasa, tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi. Dengan begitu,  lemak berlebih akan berkurang dan tubuh akan terhindar dari gangguan penyakit, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol.

2. Mengontrol Gula Darah

Puasa membuat tubuh menghancurkan glukosa untuk mendapatkan energi. Hal ini dapat menurunkan produksi insulin tubuh,  dan hasilnya tubuh akan mengalami penurunan gula darah.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Saat kita berpuasa, hormon adrenalin dan non-adrenalin sebagai cadangan energi dapat berkurang. Lemak akan dipakai oleh  tubuh sebagai cadangan energi dan risiko aterosklerosis atau penyumbatan arteri akibat lemak dapat menurun.

4. Mengistirahatkan Organ Pencernaan

Puasa Senin Kamis, pencernaan  secara rutin akan beristirahat dari tekanan  mmencerna makanan. Dengan begitu fungsi  sistem pencernaan akan terus terjaga kinerjanya, sehingga terhindar dari penyakit  seperti lambung, sembelit, dan diare.

5. Meremajakan Sel-Sel Kulit

Saat tubuh tidak mendapatkan asupan gizi,  sel-sel terkait dapat beristirahat, sehingga berdampak pada peremajaan kulit menjadi lebih kencang.

6. Menurunkan Berat Badan

Puasa dapat membatasi asupan kalori  harian, sehingga dapat menurunkan berat badan dan tubuh lebih sehat.

Populer video

Berita lainnya