Bagaimana Guru benar-Benar Mengetahui Siswa Belajar? Simak Artikel Ini

pic by: canva.com

Bagaimana kita benar-benar tahu siswa kita sedang belajar? Secara keseluruhan, saya yakin para guru banyak mempertanyakan diri mereka sendiri. Seringkali, guru berada di kelas mengurus diri sendiri seperti berada di pulau kecil terasing. Anda tahu, Saya selalu percaya untuk menjadi fasilitator di kelas dan membiarkan siswa belajar dan bertanya sendiri.

Seringkali selama pertemuan pengembangan profesional di sekolah kami menganalisis data. Hampir terlalu banyak… untuk melihat apakah siswa kita mendapatkan apa yang kita berikan kepada mereka. Hal ini biasanya terjadi setelah kita menilainya.

Secara umum, kita berpikir bahwa kita mempunyai jawabannya melalui nilai ujian, penilaian terstandar, dan pekerjaan sehari-hari. Namun ketika saya bertumbuh sebagai seorang guru, saya menyadari bahwa kadang-kadang saya bergerak maju tetapi semua orang tidak bersama saya dalam perjalanan itu.

Guru perlu menyelesaikan kurikulum ini pada tahun ajaran ini, tetapi apa yang terjadi jika tidak ada yang belajar, mempertahankan, dan yang terpenting terlibat?

Strategi untuk Memeriksa Pemahaman siswa adalah yang kita lakukan pertama kali adalah memberikan advokasi bagi anak-anak kita dengan berbicara mewakili mereka. Tentu saja, tidak ada salahnya membantu anak-anak kita menjelaskan, tapi apa jadinya bila tiba waktunya bagi anak-anak kita untuk membela diri mereka sendiri, sendirian? Seperti saat mereka di sekolah? Ya, bagi kami para guru, waktu tidak ada habisnya, namun di sinilah pembelajaran terjadi.

Saya tahu sudah waktunya, saya harus melakukan sesuatu yang berbeda. Sesuatu pada saat ini, sesuatu yang tidak akan memberikan realisasi pembelajaran bagi saya (yaitu, kita menghabiskan waktu seminggu untuk hal ini, mari kita lanjutkan) tetapi juga bagi siswa saya. Saya memutuskan untuk memberi siswa saya kesempatan untuk menilai diri sendiri di kelas menggunakan cara seperti dibawah ini.

5– Saya bisa mengajar kelas.

4– Saya bisa melakukannya sendiri.

3– Saya bisa melakukannya dengan sedikit bantuan.

2– Saya punya banyak pertanyaan.

1– Tolong! Saya tidak mengerti.

Saya menyimpan bagan penilaian diri kecil ini di papan tulis atau di kertas bagan, ini adalah proses pemeriksaan pemahaman cepat yang dapat digunakan semua guru di semua bidang konten dan tingkat kelas.

Bagan ini luar biasa untuk penilaian, pembelaan diri, keterlibatan kelas, dan yang paling penting secara keseluruhan, mengetahui apakah siswa saya sedang belajar.

Tentukan apakah Siswa Anda Terlibat dalam Pembelajaran

Sekarang, sebelum saya melanjutkan pelajaran atau kegiatan apa pun, saya meminta setiap siswa untuk menilai diri mereka sendiri. Saya tidak melanjutkan pelajaran sampai saya mendapatkan semua angka 4 atau 5. Jenis umpan balik ini telah membantu saya menentukan standar di unit di mana saya perlu menghabiskan waktu dan di unit lain di mana saya dapat dengan mudah melanjutkan.

Penilaian diri tidak hanya membantu menilai setiap siswa dengan cepat di tengah pelajaran sebagai pemeriksaan pemahaman tetapi juga membantu siswa membela diri. Ini membantu mereka untuk berbicara tentang apa yang mereka pahami dan tidak pahami serta pada tingkat apa. Bagan ini membuatnya sederhana dan mudah bagi mereka.

Selain itu, hal ini menjadi lebih rutin bagi siswa untuk mengidentifikasi dan mengadvokasi kebutuhan belajar mereka sendiri. Hal ini dapat melintasi konten dan bidang kurikuler di dalam dan bahkan di luar sekolah.

Populer video

Berita lainnya