7 Pengobatan Rumahan yang Efektif untuk Bibir Pecah-Pecah

pic by: canva.com

Bibir kering dan pecah-pecah dapat terjadi karena berbagai alasan — dehidrasi, terbakar sinar matahari, cuaca panas dan dingin, kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B, sering menjilat bibir, dan banyak lagi. Kita semua pernah mengalami hal ini, namun bagi sebagian orang, hal ini bisa menjadi masalah kronis.

7 pengobatan rumahan untuk bibir pecah-pecah:

1. Pengelupasan Gula

Sebelum mengoleskan obat bibir pecah-pecah, lakukan pengelupasan kulit dengan gula. Ketika sel-sel kulit mati menumpuk di bibir anda, mereka mencegah bibir anda mendapatkan kelembapan yang dibutuhkannya. Mengeksfoliasi bibir secara lembut dengan scrub gula akan membantu mengangkat sel kulit mati.

Campurkan satu sendok makan gula dengan satu sendok makan emolien seperti minyak kelapa atau madu. Aduk rata dan oleskan dengan jari bersih. Gosok lembut bibir anda dengan gerakan memutar selama satu menit dan bersihkan sisa scrub setelah selesai.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan emolien yang melembabkan kulit, tetapi juga melindungi kulit dengan meningkatkan fungsi pelindungnya. Ia juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang bermanfaat untuk bibir pecah-pecah. Oleskan sesuai kebutuhan sepanjang hari menggunakan kapas atau jari yang bersih.

3. Lidah Buaya

Anda mungkin tahu bahwa lidah buaya adalah salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk kulit terbakar sinar matahari. Efek anti-inflamasi dan menenangkan yang sama menjadikannya obat yang sangat baik untuk bibir pecah-pecah. Anda bisa menggunakan lidah buaya segar dari daun tanaman lidah buaya atau menggunakannya dalam bentuk gel. Oleskan hanya dua hingga tiga kali sehari karena enzim dalam lidah buaya memiliki sifat pengelupasan kulit.

4. Mentega

Mentega memiliki sejumlah manfaat untuk bibir. Pertama-tama, ini memberikan pelindung yang membantu mengunci kelembapan, menjaga bibir tetap terhidrasi. Ini juga merupakan emolien alami, yang membantu melembutkan kulit. Asam lemak dalam mentega akan menutrisi dan melembabkan kulit, membuat bibir anda lembut dan kenyal. Asam lemak juga membantu memperbaiki pelindung alami kulit, yang penting untuk menjaga kesehatan bibir.

5. Petroleum Jelly Putih (Vaseline)

Petroleum jelly putih seperti Vaseline tidak menyebabkan iritasi dan dapat digunakan sepanjang hari dan sebelum tidur. Ini bekerja sangat baik untuk bibir yang sangat kering dan pecah-pecah. Salep bertahan lebih lama di dalam air dibandingkan lilin atau minyak.

6. Cocoa Butter

Cocoa butter adalah obat luar biasa lainnya untuk bibir pecah-pecah. Ini adalah emolien yang menyediakan sumber antioksidan alami. Ini menambahkan lapisan pelindung hidrasi pada bibir, membantu melindunginya dari suhu ekstrem dan panas dalam ruangan yang dapat membuat bibir anda kering. Membantu melembutkan dan melembabkan kulit dan sering ditemukan pada produk perawatan bibir karena manfaatnya yang menenangkan.

7. Madu

Madu memiliki sifat antimikroba, antiinflamasi, dan penyembuhan luka yang dapat membantu melembabkan bibir dan melindungi bibir pecah-pecah dari infeksi. Ia juga berfungsi sebagai exfoliator ringan untuk membantu menghilangkan kulit kering dan mati dari bibir anda. Gunakan madu organik dan oleskan ke bibir anda sepanjang hari dengan jari bersih atau kapas.

Populer video

Berita lainnya