Ragam Hobi yang dapat Meningkatkan Kemampuan Otak Selain Belajar

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Membaca
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Belajar bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan kemampuan otak. Sebuah studi mengungkap bahwa ada sejumlah hobi yang tidak hanya menghibur, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan otak.

Berolahraga

Menurut penelitian dari Dartmouth College, olahraga tidak hanya baik untuk tubuh tetapi juga meningkatkan daya ingat jangka panjang. Hal ini disebabkan oleh produksi Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF) yang merangsang kemampuan kognitif otak. Pilihlah olahraga favorit seperti berenang, bersepeda, atau berskuter untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Bermusik

Penelitian dari Boston Children’s Hospital menunjukkan bahwa bermain alat musik dapat meningkatkan kemampuan verbal dan mempercepat proses berbicara. Selain itu, aktivitas musik juga membantu otak dalam memproses informasi dengan lebih cepat, yang berguna dalam proses pembelajaran.

Main Game

Studi dari Leiden University menemukan bahwa bermain game dapat mengembangkan “working memory” yang berfungsi dalam menyimpan dan memproses informasi. Hasil riset Charite juga menunjukkan bahwa bermain game secara teratur dapat meningkatkan performa navigasi ruang dan kemampuan motorik, serta menguatkan “gray matter” di otak.

Praktik Bahasa Asing atau Daerah

Kemampuan berbicara dalam beberapa bahasa telah terbukti meningkatkan fungsi eksekutif otak. Penelitian dari Cerebrum mengungkapkan bahwa orang-orang bilingual cenderung lebih baik dalam menyelesaikan teka-teki dan melakukan manajemen tugas karena kemampuan otak mereka dalam fokus dan beralih tugas dengan cepat.

Membaca

Kebiasaan membaca setiap hari dapat meningkatkan konektivitas di korteks temporal kiri otak, yang bertanggung jawab terhadap penyerapan informasi. Membaca buku, komik, atau artikel di internet secara rutin dapat membuat otak lebih aktif dan berenergi.

Dengan mempraktikkan hobi-hobi ini secara konsisten, bukan hanya kemampuan kognitif yang akan terasah, tetapi juga memberikan kesenangan tambahan dalam aktivitas sehari-hari. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan menemukan hobi yang paling cocok untuk diri Anda!