Bisakah Uang Membeli Kebahagiaan? Ini Kata Peneliti

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: canva.com

Menjadi kaya tidak selalu membuat orang bahagia tapi kalau mengeluarkan uang untuk hal-hal seperti dibawah ini sebenarnya bisa. Apakah anda suka mengeluarkan uang dan pergi berbelanja? Apakah anda merasa sangat bahagia setelahnya? Atau mungkin anda merasa bersalah pergi berbelanja karena “buruk”. Konsumerisme itu boros. Alasan lainnya adalah daftar belanja yang tidak ada habisnya.

Bisakah uang membeli kebahagiaan? Bisakah anda benar-benar menjalani hidup bahagia dengan berbelanja dan berbelanja? Nah, inilah jawabannya: Ya. Uang bisa membeli kebahagiaan. Penelitian menunjukkan bahwa kebahagiaan adalah hasil dari pengeluaran uang ketika kita membelanjakannya dengan cara tertentu.

Berikut adalah 3 pola pikir uang untuk membuat pengeluaran menjadi menyenangkan dan bermanfaat:

1. Dana bebas/cadangan anda

Jika anda mempunyai uang cadangan, anda bebas memanfaatkan peluang spontan yang muncul — seperti menghadiri pesta ulang tahun keponakan secara tidak terduga atau muncul untuk merayakan pencapaian teman lama. Menghabiskan uang yang tersedia untuk hal-hal yang penting bagi anda — dan menghindari hal-hal yang tidak penting — akan membebaskan uang ekstra untuk ditabung demi kebebasan di masa depan.

2. Berinvestasilah pada pertumbuhan Anda

Menjadi bahagia dalam hidup berarti berinvestasi pada diri sendiri. Mungkin ada kursus atau program yang tidak sesuai dengan jalur karier Anda, namun anda tetap menikmatinya. Tanpa merasionalisasi apakah bijaksana mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak anda “butuhkan”, berinvestasilah dalam memelihara semua sisi pikiran dan kepribadian anda — hanya karena anda menginginkannya.

3. Rayakan dengan symbol/penanda

Belilah sesuatu untuk diri anda sendiri hanya karena itu sangat menyentuh hati Anda. Karena  hal itu mencerminkan aspek batin anda dan membuat anda merasa lebih kuat, lebih bahagia, lebih pintar, atau lebih baik. Belilah sesuatu untuk mengingatkan diri anda akan sesuatu penting yang telah anda lakukan atau sesuatu yang penting yang sedang anda ciptakan. Belum ada uang tunai untuk dinikmati? Berjalan-jalanlah dan temukan sesuatu di alam yang menarik bagi Anda. Kumpulkan atau ambil gambar untuk dipajang.

Abadikan momen dan maknanya, dan hargai setiap hari. Jelas sekali bahwa bukan uang tunai yang membuat kita tersenyum – kekayaan terletak pada apa yang diberikan uang tunai. Jadi, uang dan kebahagiaan memiliki hubungan yang lebih erat dari yang anda yakini, selama Anda melakukannya dengan cara yang benar.