Jenis Praktik Perawatan Diri yang Harus Dijaga Demi Kesehatan Pikiran, Tubuh dan Jiwa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: canva.com

Dalam postingan ini, Anda akan mempelajari pentingnya perawatan diri dan berbagai jenis praktik perawatan diri untuk menjaga diri Anda agar tetap sehat pikiran, tubuh, dan jiwa.

Apa itu Perawatan Diri dan Mengapa Penting

Sebagian besar waktu kita dalam sehari dihabiskan oleh komitmen pekerjaan, keluarga, dan tanggung jawab lain yang membuat kita lelah secara fisik dan terlepas secara emosional dari diri kita sendiri. Memiliki waktu 24 jam dalam sehari sepertinya tidak pernah cukup dan ketika kita akhirnya istirahat dari itu semua, alih-alih merasa SANTAI, kita malah merasa BERSALAH. Akibatnya, kita merasa semakin gugup untuk menyelesaikan sesuatu tepat waktu.

Dalam proses ini, kita akhirnya terlalu terbebani oleh tanggung jawab sehingga kita lupa menjaga diri sendiri, sehingga semakin memperburuk kesehatan kita dan memengaruhi produktivitas kita sepanjang hari. Inilah saatnya praktik perawatan diri sederhana terbukti bermanfaat. Anda mungkin sudah melihat ribuan artikel tentang perawatan diri sejauh ini. Semua orang meminta Anda untuk menjaga diri sendiri dengan menciptakan waktu untuk diri sendiri atau memanjakan diri sendiri. Tapi jujur ​​​​saja, tidak ada orang yang punya waktu dan uang untuk mandi busa atau berlibur eksotik sesering itu. Selain itu, apa itu perawatan diri dan mengapa itu penting?

Perawatan diri pada dasarnya adalah menjaga diri sendiri tetapi tidak harus dengan memperlakukan diri sendiri dengan kemewahan sesekali. Ini berarti mengambil tanggung jawab atas kesejahteraan Anda di semua bidang utama kehidupan Anda – tubuh, pikiran & jiwa. Sekalipun dilakukan dalam jumlah sedang, aktivitas perawatan diri membantu Anda MENGURANGI STRES dan MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS. Dengan mengurus diri sendiri terlebih dahulu, Anda menyadari kebutuhan Anda sendiri. Dengan demikian, membuat Anda merasa terbaik sepanjang hari, baik di tempat kerja maupun di rumah. Hal ini pada gilirannya akan membantu Anda merawat orang yang Anda cintai dengan lebih baik.

Jenis Praktik Perawatan Diri untuk Menjaga Diri Sendiri, Aktivitas perawatan diri membantu Anda meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Namun, kesehatan adalah pilihan gaya hidup yang melibatkan integrasi – tubuh, pikiran, dan jiwa.

1. Perawatan diri secara fisik

Perawatan diri fisik adalah praktik yang dilakukan agar tubuh Anda berfungsi dengan baik yang dicapai melalui mempertahankan gaya hidup sehat. Aktivitas yang membantu Anda memenuhi kebutuhan fisik antara lain – makan teratur (minimal 3 kali sehari), melakukan aktivitas fisik (ringan atau berat), meluangkan waktu untuk beristirahat dan bersantai, mengikuti dan menjaga rutinitas harian yang sehat, berlatih kebersihan yang baik, tidur yang nyenyak, dll. Oleh karena itu, perawatan diri secara fisik penting untuk membuat pilihan yang tepat demi kesehatan dan kesejahteraan tubuh Anda dalam jangka panjang.

2. Perawatan diri secara emosional

Perawatan diri emosional adalah praktik untuk meningkatkan kesejahteraan mental dan kesehatan emosional yang dicapai melalui aktivitas seperti – melatih kesadaran, mempraktikkan pembicaraan diri yang positif, membuat perubahan gaya hidup yang positif, dll. Oleh karena itu, perawatan diri emosional itu penting. untuk mengatasi stres dan kecemasan yang telah menjadi bagian normal dari kehidupan kita sehari-hari.

3. Perawatan diri sosial

Perawatan diri sosial adalah praktik untuk terlibat dalam hubungan yang bermakna dengan orang lain dan mengembangkan sistem pendukung yang lebih baik. Ini tidak berarti selalu hadir di setiap acara sosial lainnya. Faktanya, kunci kesejahteraan sosial adalah memahami kapan harus keluar bersama orang lain dan kapan harus tinggal di rumah. Aktivitas yang akan membantu Anda mencapai kesejahteraan sosial adalah – melatih rasa syukur, membina persahabatan, menetapkan batasan yang sehat (pribadi & profesional), dll. Oleh karena itu, perawatan diri secara sosial penting untuk mengembangkan hubungan yang positif dan sehat.

4. Perawatan diri intelektual

Perawatan diri intelektual adalah praktik menjadi yang terbaik dalam kreativitas Anda. Ini mencakup aktivitas yang memicu kekuatan otak Anda untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan membuat Anda merasa lebih percaya diri. Seperti –belajar bahasa baru, melakukan hobi baru yang menantang, membaca buku pengembangan diri, memecahkan teka-teki, dll. Oleh karena itu, perawatan diri intelektual penting untuk menstimulasi otak dan mengembangkan pengetahuan Anda.

5. Perawatan diri secara rohani

Perawatan diri secara spiritual sering disalahartikan sebagai tindakan religius, padahal sebenarnya tidak demikian! Spiritualitas adalah sesuatu yang membantu Anda terhubung kembali dengan diri sendiri dan menumbuhkan rasa kejelasan yang mendalam tentang diri Anda. (Ini mungkin berbeda dari orang ke orang.) Ini melibatkan aktivitas seperti –berlatih meditasi, berlatih yoga, menghabiskan waktu di alam terbuka, dll. Oleh karena itu, perawatan diri secara spiritual penting untuk menjadi diri Anda yang terbaik saat Anda menemukan tujuan hidup Anda .

“Perawatan diri tidak membuang-buang waktu. Perawatan diri membuat penggunaan waktu Anda lebih berkelanjutan.”

— JACKIE VIRAMONTEZ

Masing-masing dimensi perawatan diri yang berbeda ini berdampak satu sama lain. Ketika Anda melampaui satu bidang perawatan diri, secara alami hal itu akan mendorong bidang lainnya juga. Oleh karena itu, keseimbangan dari kelima dimensi perawatan diri diperlukan untuk mencapai kesejahteraan total dan mengembangkan gaya hidup sehat.