9 Hal yang Sangat Dibutuhkan untuk Pikiran Sehat dan Bahagia

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: canva.com

Bagaimana fokus pada kesehatan mental Anda. Ingin tahu apakah cinta atau kesehatan mental Anda berada dalam kondisi prima? Dikatakan bahwa jika Anda memiliki sembilan hal ini, Anda memiliki pikiran yang sehat. Berikut 9 hal yang mutlak Anda butuhkan untuk pikiran yang sehat dan bahagia:

1. Kebahagiaan

Tentu saja, anda membutuhkan kebahagiaan untuk memiliki pikiran yang sehat dan kehidupan yang bahagia, namun ada banyak kesalahpahaman tentang apa itu kebahagiaan. Kebahagiaan bukanlah respons sesaat terhadap situasi tertentu dalam hidup anda: kebahagiaan adalah keadaan umum. Beberapa orang mungkin menyebutnya kepuasan, atau perasaan sejahtera. Jika anda tidak memiliki perasaan bahagia secara keseluruhan tentang diri sendiri dan hidup anda,

2. Fleksibilitas

Apakah segala sesuatunya harus “begitu saja” agar Anda bisa bahagia, atau bisakah anda bersikap fleksibel ketika keadaan, baik besar maupun kecil, dalam perubahan hidup anda? Bersikap fleksibel berarti Anda dapat menyesuaikan diri dengan keadaan anda saat ini tanpa terlalu menderita depresi, kecemasan, atau kehilangan fokus pada tujuan dan hubungan anda.

3. Regulasi emosi

Bisakah Anda membuat diri Anda bersemangat menghadapi kehidupan, saat Anda membutuhkannya? Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menenangkan diri ketika perasaan marah atau takut menguasai Anda? Apakah Anda mempunyai reaksi “spontan”? Menemukan kekuatan untuk melewati masa-masa sulit dan memiliki kemampuan untuk mematikan gairah yang berlebihan adalah fungsi dari pikiran yang sehat. Ketika keterampilan Anda di bidang ini menurun, Anda tahu bahwa kesehatan mental Anda memerlukan perhatian dan kasih sayang.

4. Hubungan baik

Hubungan yang baik, baik yang intim maupun dangkal, ditandai dengan kebaikan, kasih sayang, dan empati. Apakah Anda merasa mandiri dan pada saat yang sama terhubung sepenuhnya dengan orang-orang terpenting dalam hidup Anda? Jika tidak, Anda memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan. Kualitas hubungan Anda adalah salah satu indikator terbesar kesehatan mental Anda secara keseluruhan.

5. Kebijaksanaan

Apa yang mendorong keputusan yang anda buat dan tindakan yang anda ambil dalam hidup anda? Apakah anda menerapkan pengalaman, pengetahuan, dan penilaian yang baik pada mereka? Jika tidak, ini adalah aspek kesehatan mental yang luput dari perhatian anda. Pengambilan keputusan yang baik dan kemampuan untuk memperkirakan hasil potensial dari tindakan yang Anda ambil memerlukan integrasi bagian otak anda yang hanya dimungkinkan oleh kesehatan mental yang baik.

6. Kasih sayang

Bisakah Anda merasakan emosi orang lain? Apakah Anda menunjukkan kebaikan, kepedulian, dan kesediaan untuk membantu meringankan penderitaan orang lain ketika hal tersebut masuk akal? Sebagai makhluk sosial, kemampuan kita untuk merasakan emosi orang lain dan menanggapinya dengan kebaikan, kepedulian, dan kesediaan untuk membantu adalah hal yang mendasar. Jika Anda tidak memiliki kualitas ini, ini mungkin merupakan indikasi bahwa Anda kehilangan sesuatu dalam pikiran yang sehat.

7. Moralitas

Apakah Anda memiliki kapasitas untuk memikirkan kebaikan yang lebih besar dan bertindak pro-sosial, bahkan ketika anda sendirian? Sifat sosial kita mengharuskan kita bertindak dengan cara yang tidak hanya menguntungkan diri kita sendiri tetapi juga kelompok kita. Perilaku antisosial dan amoral merupakan indikator jelas buruknya kesehatan mental.

8. Rasa bermakna

Bisakah anda menceritakan kisah hidup anda secara koheren? Apakah anda merasa terhubung dengan sesuatu yang lebih besar dari anda? Mampu memahami hidup anda dengan menceritakan kisah “anda”, serta mengalami perasaan terhubung dengan sesuatu yang lebih besar dari diri anda sendiri merupakan indikator kesehatan mental yang berfungsi dengan baik.

9. Intuisi Apakah Anda menyadari informasi yang datang dari hati dan naluri Anda? Jika tidak, kesehatan mental Anda akan terganggu. Percaya atau tidak, komponen penting dari kesehatan mental adalah koneksi ke jaringan saraf jantung dan usus Anda. Jika koneksi ini terganggu atau hilang, ada beberapa pekerjaan yang harus Anda lakukan