Pakar Karir Gen-Z: Pekerjaan Tidak Perlu Sesuai dengan Tujuan Hidup

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by:stock.adobe.com

Pekerjaan kita tidak harus menjadi alasan kita untuk hidup. Generasi X, milenial, dan Gen Z mungkin berbeda pendapat dalam hal lebar celana yang seharusnya atau cara yang tepat untuk membuat bentuk hati dengan tangan Anda; namun, kami memiliki satu kesamaan: Kami semua dibesarkan dengan gagasan bahwa kami harus mencari pekerjaan yang kami sukai.

Begitu banyak dari kita yang telah menginternalisasikan narasi bahwa kita harus mencintai pekerjaan kita, kita akan mudah merasa buruk tentang diri sendiri dan masa depan kita jika kita sebenarnya tidak mencintai pekerjaan kita.

Membebaskan diri dari pola pikir tersebut adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh siapa pun, tidak peduli di era mana Anda dilahirkan. Seorang pakar karier Gen-Z Morgan Sanner mengatakan bahwa suatu pekerjaan tidak harus selaras dengan tujuan hidup.

Morgan Sanner, seorang Gen Z yang bekerja di bidang Sumber Daya Manusia, berbagi satu nasihat karier yang ia berikan kepada dirinya yang masih muda. “Berhenti menemukan tujuan dari pekerjaan saya. Saya rasa sangat bagus jika banyak dari kita, Generasi Z, menginginkan pekerjaan yang kita anggap memiliki tujuan, namun menurut saya pada akhirnya hal itu hanya akan lebih merugikan kita daripada manfaatnya,” lanjutnya sebelum menjelaskan mengapa tidak apa-apa untuk terpisah dari profesi kamu.

Pencarian kerja juga tidak boleh menjadi pencarian tujuan, katanya, misalnya saat Anda sedang mencari pekerjaan, Anda juga tidak boleh berusaha menemukan identitas Anda. Bagian dari memasuki masa dewasa awal adalah mencari ruang untuk diri sendiri. Anda melihat dunia untuk mencoba menemukan posisi yang cocok bagi Anda dan siapa saja di komunitas yang membuat Anda merasa paling menjadi diri sendiri. Merasa tidak yakin tentang apa yang akan terjadi di masa depan adalah bagian dari perjalanan tersebut, seperti halnya mencoba berbagai peran untuk melihat apa yang sejalan dengan nilai-nilai Anda.

Ini mungkin berarti Anda akan mendapatkan pekerjaan yang tidak Anda sukai, yang merupakan kejadian normal dan umum. Sanner memberikan nasihat bijak tentang mengapa memiliki pekerjaan yang Anda sukai mungkin tidak benar-benar membuat Anda bahagia, dengan mengatakan, “Alasan lainnya adalah ketika Anda mencari pekerjaan yang menurut Anda memiliki tujuan, Anda mungkin berada dalam situasi keuangan. yang tidak dapat Anda pertahankan atau tidak sejalan dengan kehidupan yang ingin Anda jalani.”

Dia membagikan pengalamannya mencari kerja sebagai contoh, dengan mengatakan, “Saya mungkin memikirkan selusin pekerjaan yang saya sukai, namun gajinya tidak mencukupi atau tidak mengizinkan saya bekerja dari rumah, dan itu tidak sejalan dengan kehidupan yang ingin saya jalani.” Pekerjaan Anda tidak perlu mencentang setiap kotak dalam hidup Anda. “Tidak apa-apa jika Anda memiliki pekerjaan yang kebetulan Anda kuasai, namun Anda dibayar untuk pekerjaan yang tidak Anda sukai dan tidak dibutuhkan oleh dunia,” tambah Sanner.

Ketika dia masih kuliah, dia magang di Honda, di mana dia diperkenalkan dengan konsep Jepang yang disebut “Ikigai,” yang diterjemahkan menjadi “Alasan keberadaan.” Dia menunjukkan diagram Venn dengan elemen-elemen yang tumpang tindih yang membentuk Ikigai: Apa yang Anda sukai, atau hasrat Anda, apa yang Anda kuasai, apa yang bisa dibayar, dan apa yang dibutuhkan dunia, atau misi Anda.

Pemerintah Jepang mencatat bahwa ikigai adalah istilah yang telah memasuki leksikon global, mengacu pada apa pun yang membawa nilai dan kegembiraan dalam hidup Anda, mulai dari orang, seperti keluarga dan teman, hingga aktivitas, seperti pekerjaan dan hobi. Ikigai adalah praktik yang membantu orang menjalani kehidupan yang penuh keseimbangan dan makna.

Sanner mengatakan bahwa Ikigai awalnya membuatnya stres. “Saya pikir tidak mungkin saya bisa mendapatkan pekerjaan yang memenuhi keempat kriteria ini. Sekarang saya sudah lebih dewasa, saya menyadari Anda tidak perlu memenuhi semua ini dengan pekerjaan penuh waktu Anda,” ujarnya.

Dia menjelaskan bagaimana menerapkan konsep Ikigai di berbagai bidang kehidupan. “Anda dapat menemukan hal-hal ini dalam hubungan Anda, dalam perjalanan Anda, dalam kesukarelaan Anda. Di mana pun Anda berada dalam karier Anda, ketahuilah bahwa jika Anda memiliki pekerjaan yang Anda kerjakan, tidak apa-apa,” tuturnya.

Di dunia yang menuntut begitu banyak waktu, tenaga, dan pendapatan, menjalani hari saja sudah dianggap sebagai sebuah kemenangan. Nasihat Sanner tidak hanya bijaksana, tetapi juga berakar pada belas kasih dan penerimaan diri.