6 Tanda Kecerdasan Tinggi yang Sangat Langka

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: stock.adobe.com

Ketetapan fungsional adalah bias psikologis yang membatasi untuk menggunakan sesuatu sesuai dengan fungsinya. Misalnya, menggunakan botol air hanya untuk minum air. Namun orang cerdas menyadari bahwa botol yang terisi juga memiliki gravitasi dan menggunakan gravitasi tersebut untuk membuat pintu darurat yang lebih dekat! Jika kalian juga pernah melakukan hal seperti ini, itu tandanya kalian memiliki kecerdasan yang tinggi.

Nah berikut ini tanda jika kalian memiliki tanda kecerdasan tinggi. Simak artikel ini ya.

1. Anda telah melampaui ketetapan fungsional

Seseorang  membutuhkan penutup pintu agar muat di pintunya. Tapi dia tidak mampu membelinya. Jadi dia mengambil cara yang kreatif. Dia mengambil botol air berisi air dan mengikatnya pada tali sepanjang satu meter. Dia kemudian mengikat tali itu ke langit-langit ambang pintu dan memasang tali itu di atas pintu di sisi yang lain. Jadi setiap kali ada yang membuka pintu, maka pintu tersebut akan tertutup dengan sendirinya karena karena posisi tali, gaya gravitasi dari botol air yang diisi tersebut bekerja ke arah menutup pintu tersebut.

Hal ini merupakan kebalikan dari ketetapan fungsional. Ketetapan fungsional adalah bias psikologis yang membatasi Anda untuk menggunakan sesuatu sesuai dengan fungsinya. Misalnya, saya menggunakan botol air hanya untuk minum air. Namun dia menyadari bahwa botol yang terisi juga memiliki gravitasi — dan dia dapat menggunakan gravitasi tersebut untuk membuat pintu darurat yang lebih dekat! Jika kalian juga pernah melakukan hal seperti ini, itu tandanya memiliki kecerdasan yang tinggi.

2. Anda berpikir dengan cara yang tidak terduga

Dalam salah satu acara bincang-bincang, Stephen Colbert bertanya kepada Keanu Reeves, “Apa yang terjadi setelah kita mati, Keanu Reeves?” Sekarang, pertanyaan ini bisa mempunyai dua jawaban umum yang diharapkan – jawaban yang religius dan jawaban yang ateis.

3. Anda tidak memberikan nasihat yang tidak diminta

Dengan melakukan percobaan. menemui beberapa orang untuk meminta nasihat tentang cara belajar yang lebih baik agar bisa unggul dalam ujian masuk sekolah kedokteran untuk residensi. Dan saya secara khusus menemui seseorang yang saya tahu faktanya tidak terlalu pandai belajar. Saya tidak akan mendengarkan mereka. Saya hanya ingin tahu apa yang mereka katakan. Dan masing-masing dari mereka mulai memberi saya nasihat. Dan mereka terus berjalan. Namun tidak sekali pun ada yang berkata, “Tahukah Anda, saya tidak begitu pandai belajar. Saya bukan orang yang tepat untuk meminta nasihat.” Dan menurut saya itu adalah tanda kurangnya kecerdasan – ketika Anda bahkan tidak dapat menyadari dan menerima bahwa Anda tidak pandai dalam suatu hal. Namun jika Anda bisa menerimanya – dan tidak memberikan nasihat pada hal-hal yang tidak Anda kuasai – itu tandanya kesadaran diri dan kecerdasan tinggi.

4. Anda mencari metode yang tidak konvensional

Inilah aturan sederhana dalam hidup: “Jika Anda melakukan sesuatu dengan cara yang sama seperti orang lain, Anda akan mendapatkan hasil yang sama seperti orang lain.” Itu sebabnya saya menyukai metode yang tidak konvensional. Misalnya, metode belajar yang umum adalah post-test. Ini adalah saat Anda memecahkan pertanyaan setelah belajar. Namun, setelah membaca beberapa buku tentang pembelajaran yang lebih baik, saya menemukan sebuah konsep yang disebut Pretesting. Dalam Pretesting, Anda menyelesaikan pertanyaan bahkan sebelum mempelajari topiknya. Tampaknya bodoh, namun sebenarnya luar biasa karena ini memberi tahu Anda jenis pertanyaan yang diajukan dalam ujian. Dan ketika Anda benar-benar duduk untuk belajar, perhatian kognitif Anda dialokasikan kembali sesuai dengan pentingnya topik tertentu. Metode tidak konvensional ini telah merevolusi cara saya belajar. Tanda pasti dari kecerdasan adalah bertanya pada diri sendiri, “Apakah ada cara yang lebih baik untuk melakukannya dibandingkan dengan cara mayoritas melakukannya?” Ketika Anda melakukannya, Anda akan menemukan metode tidak konvensional yang memberikan hasil lebih baik dan lebih cepat. Dan itu tandanya kecerdasannya tinggi.

5. Anda mengamati dan menyimpulkan, bukan hanya melihat

Sherlock: Anda lihat, tetapi Anda tidak memperhatikan. Perbedaannya jelas. Misalnya, pernahkah Anda melihat anak tangga yang mengarah dari aula menuju ruangan ini?

Dr Watson: Sering. Sherlock: Seberapa sering? Sherlock: Lalu ada berapa jumlahnya? Dr Watson: Berapa banyak?! Aku tidak tahu.

Sherlock: Benar sekali. Anda belum mengamati. Namun Anda telah melihatnya. Sekarang, saya tahu bahwa ada tujuh belas langkah karena saya telah melihat dan mengamatinya. Kebanyakan orang hanya melihat dunia. Namun beberapa orang benar-benar mengamatinya dengan penuh perhatian

6. Anda dapat mengikuti dan beradaptasi dalam lingkungan sosial apa pun

Saya punya teman yang bisa berteman di mana saja. Dia terhubung dengan orang-orang ke mana pun dia pergi — tidak peduli betapa uniknya situasi sosialnya. Saya pikir ini adalah tanda kecerdasan sosial secara khusus. Tapi ternyata tidak. Ini merupakan tanda kecerdasan secara keseluruhan. Berikut dua alasannya: Untuk terhubung dengan orang yang berbeda, Anda perlu memiliki pengetahuan tentang berbagai macam mata pelajaran. Itulah yang memungkinkan Anda menemukan kesamaan dengan banyak orang. Dan mampu menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan lingkungan tersebut merupakan tanda kecerdasan yang tinggi.