Anang dan Ashanty Tuai Kontroversi di Laga Timnas Indonesia vs Filipina

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pict by Vidio

Pasangan penyanyi Anang Hermansyah dan Ashanty kembali menarik perhatian publik usai penampilan mereka di pertandingan Timnas Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, pada Minggu (11/6/2024) malam. Dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 tersebut, Indonesia berhasil menang 2-0 berkat gol Thom Haye dan Rizky Ridho, memastikan langkah mereka ke Piala Asia 2027 serta melaju ke babak lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026.

Namun, ada sesuatu yang berbeda dalam pertandingan ini. Biasanya, para suporter akan menyanyikan lagu “Indonesia Pusaka” di akhir laga sebagai tradisi. Tetapi kali ini, momen bersejarah tersebut diakhiri dengan penampilan Anang dan Ashanty yang membawakan lagu “Gebyar Gebyar” serta lagu pop-beat berjudul “Rindu Ini”. Penampilan mereka menuai reaksi beragam dari para suporter yang hadir di stadion.

Ketika Anang dan Ashanty mulai menyanyikan “Rindu Ini”, para suporter yang berada di tribun kompak menyoraki mereka. Menurut berbagai video yang beredar di media sosial X atau Twitter, penampilan Anang dan Ashanty dinilai melanggar ‘tradisi sakral’ di mana seharusnya pemain Timnas Indonesia membentuk lingkaran dan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Pusaka” setelah pertandingan.

Keputusan untuk menampilkan Anang dan Ashanty rupanya berasal dari penawaran pihak panitia. Sebelumnya, mereka diminta untuk membawakan lagu nasional dan satu lagu beat. Namun, penampilan mereka justru menuai kontroversi. Hal ini diungkapkan langsung oleh Ashanty sebelum pertandingan dimulai. “Waktu tanggal 6 antar Arsya jadi pendamping Garuda ditanya mau nonton nggak Indonesia-Filipina? Mau banget dong,” cerita ibu sambung Aurel Hermansyah itu. “Terus ditanya sekalian nyanyi ya, 2 lagu kebangsaan 1 lagu Mas Anang yang beat? Langsung jawab siap!”

Setelah pertandingan yang membawa kemenangan Indonesia atas Filipina usai, Anang dan Ashanty bersama timnya turun ke salah satu sisi lapangan dengan pakaian merah dan putih pada momen selebrasi. Mereka memulai dengan menyanyikan lagu “Gebyar Gebyar” meski diiringi suara protes dari tribun penonton. Kekesalan suporter semakin memuncak saat Anang & Friends membawakan lagu pop-beat “Rindu Ini”. Karena tak sesuai dengan harapan, suporter langsung berteriak ‘boo’ sebagai tanda kekecewaan.

Di sisi lain, ribuan penonton mulai menyanyikan lagu “Indonesia Pusaka” secara kompak hingga suara Anang dan Ashanty tak terdengar lagi. Karena kondisi yang tidak kondusif, penampilan Anang dan Ashanty langsung diberhentikan. Tanpa berpikir panjang, mereka keluar dari stadion sebelum lagu selesai dinyanyikan. Imbasnya, nama Anang langsung menjadi trending topic yang dihujani kritikan di media sosial X.

Penampilan Anang dan Ashanty pun menghadirkan berbagai reaksi netizen. Banyak yang mencibir mereka lantaran dianggap merusak suasana momen bersejarah kemenangan Timnas atas Filipina. Kontroversi ini menjadi pembicaraan hangat di kalangan penggemar sepak bola dan musik tanah air.