10 Kebiasaan Sederhana untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by: stock.adobe.com

Rasa percaya diri dapat dipupuk dan dibangun. Dimulai dengan kebiasaan-kebiasaan sederhana yang dilakukan sehari-hari. Nah ini dia 10 kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk memupuk rasa percaya diri kamu.

1. Bersyukur

Menghitung nikmat yang Anda miliki daripada seberapa banyak kekurangan Anda adalah salah satu kebiasaan terbaik yang Anda miliki untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda sehari-hari. Hati yang bersyukur adalah kebiasaan utama orang yang percaya diri karena ketika Anda menunjukkan rasa terima kasih dan penghargaan atas kehidupan Anda saat ini, Anda melepaskan ego dan kendali. Bersyukur membuatmu lebih bahagia dengan apa yang kamu miliki saat ini. Hati yang bahagia adalah pembangkit tenaga harga diri yang tinggi dan meningkatkan rasa percaya diri.

2. Lepaskan Perbandingan

Tahukah Anda apa yang terjadi jika Anda membandingkan hidup Anda dengan orang lain? Kepercayaan diri Anda mulai turun dengan cepat!. Hidup Anda berbeda dari orang lain karena tujuan yang Anda inginkan. Mengapa menyia-nyiakan energi Anda yang berharga dengan mengevaluasi hidup Anda bersama orang lain?. Harga diri Anda tertantang ketika Anda terus membandingkan hidup Anda dengan orang lain. Lepaskan perbandingan untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dan menikmati hidup yang diberkati.

3. Berbicaralah secara positif pada diri sendiri untuk meningkatkan harga diri

Cara Anda berbicara kepada diri sendiri menentukan tingkat kepercayaan diri yang Anda miliki. Pembicaraan diri yang negatif selalu membatasi kepercayaan diri Anda. Kalimat seperti “itu terlalu sulit bagi saya”, dan “tidak ada gunanya mencoba” membatasi pikiran Anda pada keraguan tentang kemampuan Anda dalam menghadapi tantangan apa pun. Sebaliknya, berbicara positif akan membantu otak bawah sadar Anda untuk menerima diri Anda sebagai pribadi yang mampu menghadapi dan mengatasi apapun dalam hidup. Ini meningkatkan kepercayaan diri menghilangkan setitik pun keyakinan diri yang membatasi.

4. Berhati-hatilah

Belajarlah untuk berhenti sejenak dalam hidup Anda untuk menjadi sadar dalam hidup Anda. Mindfulness adalah kebiasaan yang kuat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan ketahanan dan kepercayaan diri Anda. Penelitian mengungkapkan bahwa kehidupan yang penuh kesadaran membuat kita lebih sadar akan momen saat ini. Perhatian penuh membantu Anda fokus pada masa kini daripada cemas tentang masa lalu atau ketidakpastian di masa depan. Anda lebih melambat dalam hidup yang melemahkan keinginan Anda untuk mengendalikan situasi dan menjadi lebih percaya diri.

5. Lakukan apa yang disukai

Melakukan apa yang membuat Anda bahagia meningkatkan harga diri Anda. Mungkin sisi kreatif Anda yang memberikan relaksasi mental, atau hobi yang Anda nikmati untuk pikiran bahagia. Salah satu kebiasaan sederhana untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda adalah dengan melibatkan diri dalam hal-hal yang membuat Anda bahagia dan mencintai diri sendiri.

6. Praktekkan perawatan diri

Perawatan diri adalah kebiasaan utama yang dapat Anda lakukan setiap hari dalam hidup Anda untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda. Apakah Anda orang yang sibuk dengan jadwal yang padat atau tidak, perawatan diri adalah kesadaran prioritas kesejahteraan seseorang. Perawatan diri adalah perawatan yang menyenangkan untuk menghujani diri Anda dengan pikiran, tubuh, dan jiwa yang sehat. Memang benar kehidupan sehari-hari yang penuh tekanan membuat kita semua lupa untuk memperlambat dan melakukan hal-hal yang membuat kita merasa bahagia dari dalam hati.

7. Tetapkan Batasan

Ciptakan batasan yang sehat di sekitar hidup Anda di mana Anda tidak dimanfaatkan. Menyerah pada tuntutan dan permintaan semua orang bukanlah sesuatu yang membantu Anda menjaga kepercayaan diri. Untuk membuat orang lain bahagia, Anda merendahkan pilihan dan prioritas Anda sendiri.

8. Pergeseran Pikiran dan Keyakinan Negatif

Kepercayaan diri Anda akan meningkat ketika Anda mulai mengubah pola pikir Anda. Setelah Anda mengganti pikiran ketakutan negatif Anda dengan pikiran kepercayaan positif, Anda memulihkan tingkat kepercayaan diri Anda. Keajaiban mulai terjadi dalam hidup Anda dengan dorongan kepercayaan diri dan harga diri.

9. Perhatikan Konsumsi

Waspadai jenis kebiasaan konsumsi media digital dan cetak yang Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Iklan televisi dan media cetak (surat kabar, majalah, dll) penuh dengan penyebaran keyakinan negatif bahwa kecuali Anda memiliki penampilan yang luar biasa cantik dengan tipe tubuh Anda tidak layak. Bentuk-bentuk body shaming, color shaming, dan age shaming ini menimbulkan pemikiran negatif di benak konsumen. Jaga reaksi Anda terhadap produk jenis ini karena membuat Anda bereaksi negatif dan merasa rendah diri terhadap kemampuan Anda.

10. Bersikaplah baik

Bersikap baik kepada diri sendiri ketika Anda gagal menyelesaikan tugas apa pun dan merasa tidak mampu sangat penting untuk harga diri Anda. Daripada mengkritik diri sendiri saat menghadapi masa-masa sulit, menunjukkan dorongan untuk berbuat lebih baik di lain waktu adalah cara untuk membangun perilaku percaya diri.