Seleb TikTok Zoe Levana Terjebak di Jalur TransJakarta, Mengundang Perhatian Publik

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Pict by Instagram

Seleb TikTok, Zoe Levana, mendadak viral di media sosial setelah mobilnya terjebak di jalur TransJakarta di kawasan Pluit, Jakarta Utara. Dinas Perhubungan DKI Jakarta memastikan bahwa Zoe akan dikenai tilang karena melanggar aturan lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menyatakan bahwa Zoe sudah dihubungi dan akan diproses oleh Satlantas Jakarta Utara. “Yang bersangkutan sudah dihubungi, rencana besok akan dihubungi oleh rekan-rekan Satlantas Jakarta Utara untuk kemudian sesuai dengan Undang-Undang 22 Tahun 2009, bahwa pelanggaran terhadap rambu lalu lintas dan marka jalan dikenakan tilang itu akan dijalankan,” ujarnya di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, pada Selasa, 21 Mei 2024.

Zoe akan ditilang berdasarkan Pasal 287 ayat (1) UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pasal ini menyebutkan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dan melanggar rambu lalu lintas atau marka jalan bisa dipidana dengan kurungan paling lama dua bulan atau denda maksimal Rp 500.000,00.

Peristiwa ini bermula ketika Zoe, yang memiliki 2,8 juta pengikut di TikTok, membagikan video dirinya terjebak di jalur TransJakarta. Zoe menceritakan bahwa mobil yang dikendarai ibunya salah masuk ke jalur busway dan akhirnya terjebak karena adanya separator. Video tersebut menunjukkan mobil Zoe tidak bisa keluar dari jalur karena terimpit oleh bus-bus TransJakarta yang sedang antre di depan dan belakangnya.

Insiden ini terjadi di jalur TransJakarta di kawasan Pluit, Jakarta Utara. Sejak dibagikan, video Zoe menjadi viral, ditonton lebih dari 7,5 juta kali dan dibagikan oleh 5.925 akun. Dalam videonya, Zoe berkata, “Guys, aku nyangkut. Kita coba turun ya maksudnya apa. Lihat ya, kita nggak sengaja ke jalur busway karena mama salah masuk ke jalur busway. Di depan ada bus dan dia nggak jalan dari tadi, di belakang juga ada bus jadi kita stuck, dan kita di sini ada ini (separator) jadi kita nggak bisa jalan guys.”

Zoe juga menambahkan bahwa situasi tersebut sangat panas dan tidak mungkin untuk bergerak karena antrean bus yang penuh. Peristiwa ini tidak hanya menarik perhatian warganet tetapi juga menyoroti pentingnya mematuhi aturan lalu lintas dan marka jalan.

Dengan viralnya video ini, banyak netizen yang memberikan berbagai komentar, mulai dari yang merasa simpati hingga yang mengkritik ketidakpatuhan terhadap aturan lalu lintas. Insiden ini diharapkan dapat menjadi pelajaran bagi semua pengguna jalan agar lebih berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan bersama.