Fakta Tentang Rambut Uban dan Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Penyebab Uban Muncul di Usia Muda
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Semakin berkembangnya usia, munculnya uban menjadi salah satu tanda alami penuaan. Namun, apa yang menyebabkan beberapa orang mengalami pertumbuhan uban lebih cepat dari yang lain?

Dokter naturopati, Janine Bowring, ND, menjelaskan bahwa pewarnaan rambut bisa mempercepat proses pemutihan rambut, sementara perubahan alami pada rambut dan kulit kepala juga berperan penting.

Menurut Bowring, uban tumbuh karena kurangnya melanin akibat penumpukan hidrogen peroksida di folikel rambut. Stres dan stres oksidatif diyakini menjadi penyebab utama dari hal ini, karena dapat mematikan sel-sel melanosit yang memproduksi pigmen pada kulit dan rambut. Untuk melambatkan proses pewarnaan rambut menjadi uban, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan:

Perbanyak Konsumsi Vitamin D

Sel melanosit membutuhkan vitamin D untuk memproduksi pigmen. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan paparan sinar matahari alami dan mengonsumsi makanan kaya vitamin D seperti salmon, jamur, telur, dan susu, atau mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen.

Mengelola Stres

Stres dapat menjadi penyebab utama uban dini. Penelitian menunjukkan bahwa stres dapat mengurangi kemampuan sel punca melanosit tonjolan dalam memproduksi pigmen. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik melalui berbagai teknik relaksasi dan aktivitas yang menyenangkan.

Perbanyak Konsumsi Vitamin B

Makanan tinggi vitamin B seperti kacang polong, unggas, gandum, dan kedelai dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Mineral

Tubuh membutuhkan mineral seperti magnesium, tembaga, seng, zat besi, dan kalsium untuk menjaga kesehatan melanosit. Makanlah makanan yang kaya akan mineral ini seperti buah, sayur, biji-bijian, dan produk susu.

Hindari Merokok

Merokok tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan secara umum, tetapi juga dapat mempercepat pertumbuhan uban. Asap rokok dapat mengurangi produksi melanin dalam folikel rambut, serta menyebabkan kerontokan rambut dini dan kerusakan pada rambut yang sudah beruban.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, diharapkan dapat membantu melambatkan proses pewarnaan rambut menjadi uban, serta menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala secara keseluruhan.

Populer video

Berita lainnya