Manfaat Buah Plum Bisa untuk Diet Lho

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
ilustrasi by Copilot/buah Plum

Buah Plum merupakan buah musiman yang tumbuh pertama kali di negara China sejak ribuan tahun lalu. Buah ini juga banyak dibudidayakan di Jepang, kawasan Eropa, juga Amerika. Prem atau Pulm adalah buah pohon dari pohon keluarga Rosaceae atau suku mawar-mawaran.

Rosaceae sebuah keluarga tumbuhan yang besar, terdiri dari 3.000-4.000 spesies di dalam 100-120 marga. Mawar pun juga termasuk di dalam suku ini, juga apel, pir, arbei, prem atau pulm, persik, ceri, lokat, dan lain sebagainya.

Buah satu ini memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa untuk membantu menurunkan berat badan. Manfaat mengkonsumsi buah Plum juga direkomendasikan sebagai cemilan yang sehat sehari-hari. Mengkonsumsi Plum segar atau yang sudah dikeringkan, sama-sama mendapatkan nutrisi terbaik bagi tubuh.

Terdapat banyak kandungan buah Pulm Merah, di antaranya; Kalori, Karbohidrat, Serat, Gula, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, Kalium, Tembaga, Mangan, Vitamin B, Fosfor, Magnesium. Dari semua zat yang terkandung ada seribu manfaat yang bisa didapatkan.

Rasa buah Plum manis bercampur asam dan mengandung banyak air. Memiliki biji yang keras dan sedikit mirip dengan buah Anggur, tapi memiliki daging buah yang tebal. Selain kaya akan nutrisi penting, Plum juga cukup populer sebagai buah diet karena menawarkan banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat buah Plum.

Menurunkan Berat Badan atau Diet

Buah Plum dinilai lebih rendah kalori dibanding cemilan lain. Tak heran jika manfaat buah ini untuk diet begitu terkenal. Dua buah Plum berukuran kecil (120 gram) mengandung sekitar 60 kalori. Plum juga bisa dikonsumsi dalam versi kering atau dijadikan campuran salad.

Untuk Penderita Diabetes

Plum memiliki kadar indeks Glikemiks (GI) rendah. Semakin rendah kadar GI pada buah tersebut maka semakin baik karena menurunkan resiko lonjakan gula rendah.

Mengontrol Gula Darah

Meski berkarbohidrat tinggi, jumlah tersebut tidak akan menaikan gula darah karena indeks Glikemiks nya rendah (GI). Plum dapat mengontrol gula darah karena adanya serat yang berfungsi memperlambat laju penyerapan karbohidrat oleh tubuh setelah makan.

Atasi Konstipasi atau Sembelit

Plum mengandung sorbitol yang merupakan gula alkohol dengan manfaat sebagai pencahar alami untuk mengatasi konstipasi atau sembelit. Menurut penelitian, orang yang mengkonsumsi 50 gram Plum setiap hari selama tiga minggu membuktikan laju pencernaan mereka lebih lancar.

Kaya Antioksidan

Dari sekian banyak nutrisi yang terkandung dalam Plum, satu di antaranya merupakan polifenol tinggi sebagai agen antioksidan. Polifenol tersebut memiliki efek positif pada kesehatan tulang, anti inflamasi, sekaligus membantu mengurangi resiko penyakit jantung dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menjaga kesehatan mata

Mengkonsumsi buah Plum secara rutin bisa untuk menjaga kesehatan mata. Karena mengandung Vitamin A yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 5%. Buah Plum sangat cocok dicampur ke dalam beberapa menu makanan diet sehat. Kamu bisa mencoba membuat smoothie, jus atau salad.

Meski manfaatnya untuk diet memang terbukti ada, kamu tetap harus mengontrol konsumsi dengan batas wajar dan tidak berlebihan. Karena konsumsi berlebih juga beresiko meningkatkan asupan kalori.

Jadi apapun yang bersifat berlebihan memang tidak baik, meskipun buah yang memang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Alangkah baiknya menggunakan secukupnya dengan ketentuan tertentu. Demikian manfaat seputar buah Plum, semoga bermanfaat dan tetap jaga kondisi demi kesehatan kamu ya bestie!

Populer video

Berita lainnya