Sulit Terlelap? Coba Kurangi Kebiasaan Ini Sebelum Tidur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Main HP Sebelum Tidur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tidur sangat dibutuhkan bagi tubuh. Pada saat tidur, tubuh akan meregenerasi jaringan dan juga memproses pengeluaran racun dalam tubuh. Tentunya manfaat itu akan didapat secara maksimal dengan kualitas tidur yang baik.

Nyata ya, banyak kebiasaan sebelum tidur yang mungkin dilakukan, dan dapat membuat sulit terlelap. Apa saja kebiasaan itu? Simak uraian berikut ini:

Main gadget sebelum tidur

Kebanyakan orang saat ini menghabiskan waktu dengan bermain gadget sambil menunggu mata mengantuk. Bukannya bikin cepat tidur, main gadget justru membuat kita jadi semakin susah tidu. Sebab, mata memjadi tidak siap buat tidur, karena lebih konsentrasi lihat layar handphone.

Makan dekat waktu tidur

Keadaan perut yang kenyang memang bikin tidur jadi lebih nyenyak. Namun, bukan berarti makan banyak sesaat sebelum tidur. Sebab, makan dekat waktu tidur justru bikin kita sulit terlelap. Salah satunya mungkin karena kita merasa eneg akibat kekenyangan.

Maka dari itu, kita pun sebaiknya enggak langsung tidur setelah makan. Disarankan untuk memberi waktu sekitar 2-3 jam agar makanan ‘turun’ sepenuhnya.

Melamun karena banyak pikiran

Waktu bersantai sebelum tidur memang enak banget buat melamun atau sekedar memikirkan yang terjadi seharian. Namun, sebaiknya cobalah untuk santai tanpa memikirkan sesuatu. Berusaha untuk tenang dan pejamkan mata biar tertidur. Usahakan untuk enggak memikirkan hal yang berat, karena hanya akan membuat kita jadi susah tidur.

Minum kopi terlalu banyak

Minum kopi terlalu banyak dan mendekati jam tidur, menadi salah satu penyebab susah tidur. Perlu diketahui, otak kita memproduksi senyawa adenosin yang berfungsi memperlambat aktivitas syaraf dan membuat kita jadi ngantuk. Biasanya senyawa ini diproduksi menjelang sore hari supaya tubuh bisa beristirahat di malam hari.

Kerja senyawa adenosin sendiri bisa terganggu akibat kafein pada kopi, yang membuat otak tidak mendeteksi adenosin. Alhasil, otak memberikan ‘sinyal’ untuk terus beraktivitas. Hal inilah yang bikin susah tidur setelah minum kopi menjelang tidur, atau ketika kita terlalu banyak minum kopi.

Populer video

Berita lainnya