Ini Cara Membersihkan Kipas Angin untuk Anak Kos

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: https://unsplash.com/photos/white-wall-fan-turned-on-near-white-window-blinds-npImOWRVWyg?utm_content=creditShareLink&utm_medium=referral&utm_source=unsplash

Buat kamu anak kos dengan budget menengah, pasti bersahabat dengan kipas angin di kamarmu. Selain membuat kamu lebih nyaman berada di kamar dikala cuaca sedang panas, kipas angin juga membentu mensirkulasi udara yang ada di dalam kamar kos kamu.

Membersihkan kipas angin tentu perlu kamu lakukan secara berkala. Kamu perlu menjaga kebersihan kipas anginmu dari debu yang menumpuk untuk menghindari kerusakan yang mungkin saja terjadi.

Berikut adalah cara membersihkan kipas angin yang bisa jadi referensimu agar minim dari kesalahan:

1. Matikan Kipas Angin

Pastikan kipas angin dalam keadaan mati sebelum kamu mulai membersihkannya. Ini adalah langkah penting untuk menghindari cedera atau kerusakan pada kipas angin dan untuk keamanan kamu sendiri.

2. Persiapkan Alat Pembersih

Siapkan alat-alat yang kamu butuhkan untuk membersihkan kipas angin, termasuk kuas lembut, vakum dengan peralatan penyedot debu, lap kering, dan pembersih semprot udara. Pastikan juga untuk memiliki akses ke sumber air untuk membersihkan bagian-bagian yang mudah dilepas.

3. Hapus Debu dari Kipas Angin

Gunakan kuas lembut atau vakum dengan peralatan penyedot debu untuk menghilangkan debu dari bagian luar kipas angin. Periksa setiap sudut dan celah untuk memastikan tidak ada debu yang tertinggal.

4. Lepaskan Bagian-Bagian yang Dapat Dilepas

Jika memungkinkan, lepaskan bagian-bagian kipas angin yang dapat dilepas seperti kisi-kisi, bilah kipas, atau bagian penutup. Bersihkan bagian-bagian ini dengan menggunakan air sabun dan lap kering atau cairan pembersih semprot udara.

5. Membersihkan Kisi-Kisi dan Bilah Kipas

Gunakan kuas lembut atau vakum untuk membersihkan kisi-kisi dan bilah kipas yang terpisah. Pastikan untuk membersihkan dengan lembut dan hindari menekan terlalu keras pada bilah kipas agar tidak merusaknya.

6. Bersihkan Motor dan Bagian Dalam

Gunakan pembersih semprot udara untuk membersihkan debu dari motor kipas angin dan bagian dalam lainnya. Hindari menyemprotkan cairan langsung ke motor atau komponen elektronik lainnya.

7. Periksa dan Pasang Kembali

Setelah membersihkan semua bagian kipas angin, periksa apakah ada bagian yang hilang atau rusak. Pastikan untuk memasang kembali semua bagian yang telah dilepas dengan benar dan aman.

8. Lakukan Perawatan Rutin

Untuk menjaga kipas angin tetap bersih dan berfungsi dengan baik, lakukan perawatan rutin dengan membersihkannya secara teratur, minimal sekali dalam sebulan atau sesuai kebutuhan tergantung pada seberapa sering kamu menggunakannya.

Populer video

Berita lainnya