Ide Menu untuk Sahur, Nasi Goreng Simpel nan Lezat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
pic by cookpad

Sahur adalah waktu yang penting bagi umat Muslim selama bulan Ramadhan. Ini adalah saat untuk menyantap makanan yang menyehatkan dan memberikan energi yang cukup untuk berpuasa sepanjang hari. Salah satu makanan yang sering disajikan saat sahur adalah nasi goreng. Nasi goreng adalah hidangan yang mudah disiapkan dan sangat fleksibel, sehingga cocok untuk sahur. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat nasi goreng yang lezat dan memuaskan selama bulan Ramadan.

Bahan-Bahan:

  1. Nasi putih – 4 gelas
  2. Telur – 4 butir
  3. Bawang putih – 4 siung, cincang halus
  4. Bawang merah – 2 buah, cincang halus
  5. Kecap manis – 2 sendok makan
  6. Garam – secukupnya
  7. Lada hitam – secukupnya
  8. Minyak sayur – 4 sendok makan
  9. Daun bawang – secukupnya, iris halus
  10. Wortel – 1 buah, potong dadu kecil
  11. Daging ayam/daging sapi (opsional) – potong dadu kecil

Cara Memasak:

  1. Persiapan Bahan: Jika Anda menggunakan daging ayam atau daging sapi, tumis daging tersebut terlebih dahulu dengan sedikit minyak sampai matang. Kemudian angkat dan sisihkan.
  2. Tumis Bawang: Panaskan minyak sayur dalam wajan besar. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan berwarna kecoklatan.
  3. Tambahkan Telur: Pecahkan telur ke dalam wajan dan aduk cepat hingga telur matang dan berbutir. Anda bisa menambahkan sedikit garam dan lada hitam untuk memberi rasa pada telur.
  4. Masukkan Sayuran: Tambahkan wortel dan daging yang sudah ditumis ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan sayuran sedikit lunak.
  5. Tambahkan Nasi: Masukkan nasi putih ke dalam wajan. Pastikan nasi terpisah dan tidak bergerumpal. Aduk rata dengan bahan lainnya.
  6. Berikan Warna: Tuangkan kecap manis ke dalam nasi goreng dan aduk rata. Kecap manis akan memberikan warna dan rasa khas pada nasi goreng.
  7. Koreksi Rasa: Tambahkan garam dan lada hitam sesuai selera. Aduk rata dan cicipi, tambahkan bumbu lagi jika diperlukan.
  8. Sajikan: Angkat nasi goreng dari wajan dan sajikan dalam piring saji. Hiasi dengan irisan daun bawang di atasnya.

Nasi goreng simpel untuk sahur sudah siap disantap! Anda dapat menikmatinya bersama dengan lauk pendamping seperti telur ceplok, irisan mentimun, atau acar. Jangan lupa disertai dengan segelas air putih atau segelas jus buah segar untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Selamat menikmati sahur dengan nasi goreng yang lezat dan menyehatkan! Semoga kita semua diberikan kekuatan untuk menjalani ibadah puasa dengan baik dan penuh berkah. Aamiin.

Populer video

Berita lainnya