Setop Ganggu Istirahat Pasangan Anda, Begini Tips Mengatasi Ngorok saat Tidur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tidur Mendengkur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ngorok atau mendekur saat tidur dapat mengganggu pasangan Anda. Tentunya, hal itu juga menjadi pertanda masalah Kesehatan. Kondisi ini umumnya terjadi karena penyempitan saluran udara saat tidur yang menyebabkan getaran pada jaringan lunak di tenggorokan.

Bagi Anda yang masih suka mengorok atau mendekur saat tidur tidak perlu khawatir. Sebab ada beberapa cara untuk membantu mengatasi masalah ini, dan menjaga kualitas tidur Anda. Berikut ulasannya.

Menjaga posisi tidur yang benar

Posisi tidur dapat memengaruhi tingkat mendengkur. Tidur dengan posisi telentang cenderung membuat lidah dan langit-langit tenggorokan jatuh ke belakang dan menyebabkan penyempitan saluran udara. Cobalah tidur dengan posisi miring atu menggunakan bantal tubuh agar berada pada posisi yang nyaman dan mendukung pengaturan saluran udara yang baik

Biasakan tidur dengan bantal tambahan

Pemakaian bantal tambahan, terutama di bawah kepala, dapat membantu mengangkat kepala sedikit lebih tinggi dari tubuh. Hal ini dapat membantu mengurangi tekanan pada saluran udara dan mengurangi kemungkinan terjadinya penyempitan yang menyebabkan ngorok.

Menjaga berat badan

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko ngorok karena dapat menyebabkan penumpukan lemak di sekitar tenggorokan. Menjaga berat badan yang sehat melalui pola makan seimbang dan aktivitas fisik dapat membantu mengurangi ngorok.

Latihan otot tenggorokan

Beberapa latihan otot tenggorokan dapat membantu menguatkan otot-otot di sekitar saluran udara. Cobalah melakukan latihan-latihan sederhana, seperti menggerakkan lidah ke depan dan ke belakang atau membuka mulut lebar-lebar selama beberapa menit setiap hari.

Terapka gaya hidup sehat

Gaya hidup yang sehat dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas tidur dan mengurangi ngorok. Perhatikan pola makan yang sehat, hindari merokok, dan pastikan untuk cukup tidur setiap malam.

Memperhatikan Alergi

Alergi dapat menyebabkan pembengkakan di saluran udara, yang dapat menyebabkan ngorok. Identifikasi dan atasi alergi yang mungkin Anda miliki, baik itu debu, serbuk sari, atau bulu binatang, untuk membantu mengurangi gejala ngorok.

Populer video

Berita lainnya