Begini Cara Efektif Mengatasi Kulit Belang

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kulit Belang
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kulit belang dapat dipicu oleh banyak hal. Mulai dari paparan sinar matahari berlebih, hiperpigmentasi, bekas luka, usia, hipopigmentasi hingga pengaruh hormon. Maka dari itu, menangani kulit belang dilakukan dengan menyesuaikan penyebabnya.

Pada beberapa kasus, kulit belang mungkin memerlukam pemeriksaan dan penanganan langsung oleh dokter. Setelah penyebabnya diketahui, penanganan kulit belang dapat diberikan dengan menyesuaikan kondisi masing-masing pasien.

Kulit belang yang tak menimbulkan keluhan serius dapat diatasi secara mandiri. Melansir laman Alodokter, simak cara mengatasi kulit belang berikut ini.

Gunakan pakaian yang panjang

Pakaian dapat berfungsi sebagai pelindung tubuh, di antaranya penangkal sinar matahari. Selain itu, pakaian yang tepat juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Jika kulit belang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih, Anda dapat menutupi kulit dengan menggunakan celana panjang dan baju lengan panjang, hingga kulit yang belang benar-benar hilang. Pilihlah pakaian panjang yang longgar dan terbuat dari bahan yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Gunakan krim pemutih

Menggunakan retinol dapat meredakan kulit belang pada wajah akibat hiperpigmentasi. Retinol bekerja dengan cara masuk ke dalam lapisan kulit untuk menangkal radikal bebas. Dengan demikian, produksi kolagen akan meningkat dan kulit terlihat lebih glowing, serta kulit belang tersamarkan.

Penggunaan krim pemutih yang mengandung hydroquinone juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi kulit belang yang disebabkan oleh hiperpigmentasi. Krim ini bekerja dengan cara mengurangi produksi zat pewarna melanin pada kulit. Namun, penggunaan produk ini harus dilakukan sesuai dengan anjuran dokter.

Lakukan eksfoliasi

Lulran dapat membantu meredakan kulit belang yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih dengan cara mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru.

Selain luluran, kulit belang juga dapat diatasi dengan eksfoliasi kimia. Prosedur ini menggunakan senyawa kimia untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan terluar kulit. Setelah sel kulit mati terangkat, sel kulit baru yang lebih halus terbentuk untuk menggantikan sel kulit yang lama.

Jalani dermabrasi

Prosedur ini mampu mengangkat sel kulit mati untuk memicu lapisan sel kulit baru yang lebih terang. Dermabrasi dapat dilakukan untuk menangani kulit belang yang disebabkan oleh tekstur atau warna kulit yang tidak merata dan luka jerawat.

Terapi laser

Prosedur ini bekerja dengan cara mengangkat lapisan kulit teratas (epidermis), sehingga merangsang pertumbuhan kolagen pada lapisan kulit di bawahnya (dermis). Namun, penggunaan terapi laser ini bisa saja menimulkan luka pada kulit. Oleh karena itu, pelaksanaan prosedur ini sebaiknya mengikuti anjuran dokter.

Gunakan masker berbahan alami

Kulit yang mengalami hiperpigmentasi dapat diatasi menggunakan masker berbahan alami. Anda dapat membuat masker wajah sendiri di rumah dengan menggunakan campuran bubuk kunyit dan madu alami.

Caranya, Anda hanya perlu mencampurkan kedua bahan tersebut hingga konsistensinya seperti pasta kemudian oleskan secara merata pada kulit yang belang dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas kulit dengan air hangat hingga bersih.

Populer video

Berita lainnya