Simak Tips Menjaga Kesehatan di Kala Musim Hujan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Jaga Kesehatan Jelang Ramadan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Belakangan Indonesia tengah diterpa musim penghujan disertai angin kencang. Situasi ini pun membuat tubun rentan terserang penyakit. Apalagi, lingkungan cenderung lembap akibat perubahan musim, menyebabkan bakteri dan virus penyebab penyakit berkembang lebih cepat.

Oleh karena itu, perubahan kondisi cuaca dapat mempengaruhi tubuh menjadi lebih rentan sakit. Melansir lamah hellosehat, berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan di musim hujan yang bisa dicoba.

Tetap aktif bergerak

Olahraga termasuk salah satu cara sederhana untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Mencoba yoga di rumah atau latihan kardio di tempat gym selama 30 menit setiap hari, sudah cukup untuk menjaga tubuh tetap fit selama musim hujan.

Menjaga kebersihan

Lakukan dengan langkah sederhana yang dimulai dari mencuci tangan yang benar. Gosok tangan dengan sabun setidaknya selama 20 detik, kemudian bilas secara menyeluruh dan keringkan tangan menggunakan handuk atau tisu.

Jika tidak bisa mencuci tangan dengan sabun dan air, pilihlah cairan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen larutan alkohol untuk mematikan virus, bakteri, atau kuman.

Istirahat yang cukup

Tak hanya menghilangkan rasa kantuk, mencukupi waktu istirahat dan tidur dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur malam selama 7-9 jam setiap harinya.

Kurang tidur bisa membuat tubuh terasa lelah dan sulit konsentrasi dan menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh rentan terserang penyakit.

Perbanyak konsumsi imunomodulator

Untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit, jangan lupa mengonsumsi produk imunomodulator yang terbuat dari bahan herbal sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

Populer video

Berita lainnya