Tips Merawat Rambut Rusak Akibat Styling Berlebihan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ciri Ciri Rambut Rusak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tidak sedikit wanita yang suka menata rambutnya, demi tampil lebih menarik. Mulai dari mencat warna-warni rambut, dicatok dan masih banyak lagi. Namun sayangnya, sering menata rambut dengan menggunakan alat pemanas rambut dan obat-obatan kimia bisa menyebabkan rambut rusak.

Hal itu justru membuat penampilan rambut kurang indah untuk dilihat. Bagi Anda yang gemar menata rambut, berikut ini tips yang bisa dicoba untuk mencegah atau merawat rambut rusak akibat styling berlebihan, seperti dilansir dari laman halodoc.

Menurunkan suhu alat penata rambut

Alat penata rambut, seperti hair-dryer, alat catok dan pengeriting rambut, merupakan alat yang bisa mengubah rambut menjadi bergelombang dengan indah, atau membuat rambut yang tipis dan lepek menjadi mengembang dan tampak bervolume. Namun, suhu panas yang dikeluarkan dari alat tersebut bisa membuat rambut menjadi kering, rapuh, dan kusut.

Perlakukan rambut basah dengan hati-hati

Rambut jenis apa pun rentan saat masih basah, dan potensi kerusakan benar-benar meningkat bila rambut basah Anda termasuk tipis, keriting atau rapuh. Karenanya, perlakukan rambut basah dengan hati-hati, terutama untuk tidak menyisir rambut saat rambut masih basah.

Hindari juga menggosok rambut dengan kencang saat mengeringkannya. Sebaliknya, keringkan rambut kamu dengan handuk lembut, atau lebih baik lagi, dengan kain mikrofiber yang lembut. Hindari juga mengikat rambut saat masih basah.

Gunakan masker rambut secara berkala

Cara merawat rambut rusak lain yang juga tidak kalah efektif adalah penggunaan masker rambut. Produk perawatan rambut ini biasanya mengandung bahan reparatif dan berbagai pelembab berkonsentrasi tinggi, seperti vitamin, minyak, dan bahan alami lainnya.

Masker rambut juga lebih tebal dari kondisioner biasa, jadi ketika kamu mengaplikasikannya pada rambut yang lembab, produk ini bisa bertahan lebih lama. Hal itu memberi waktu bagi formula untuk menembus lebih dalam ke permukaan rambut dan memperbaiki, serta memperkuat rambut yang rusak.

Gunakan sampo dengan bijak

Pilihlah sampo bebas sulfat yang diformulasikan untuk rambut rusak. Sampo yang mengandung bahan alami akan membantu memperbaiki rambut rusak. Selain itu, cobalah untuk tidak terlalu sering keramas.

Jaga kelembaban rambut

Kulit yang kering bisa tampak pecah-pecah dan kusam. Itulah mengapa Anda tidak boleh melewatkan pelembab kulit. Begitu juga dengan rambut yang kering. Itu merupakan penyebab kerusakan dan kerontokan rambut nomor satu, karena bila rambut tidak mendapatkan cukup hidrasi, maka bisa menjadi rapuh sama seperti kulit.

Dapatkan perawatan dari profesional

Terkadang perawatan rumah tidak cukup untuk mengatasi rambut yang sangat rusak. Inilah saatnya Anda mengandalkan jasa perawatan dari profesional. Sebab, perawatan rambut profesional di salon mengandung konsentrasi bahan aktif yang tinggi. Perawatan rambut tersebut menargetkan semua jenis kerusakan rambut, mulai dari helai rambut yang lemah hingga rambut yang membutuhkan kelembaban tinggi.

Populer video

Berita lainnya