Ketahui Manfaat Ikan Teri untuk Kesehatan Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ikan Teri
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Meski ukurannya kecil, ikan teri kaya akan berbagai nutrisi sehingga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ikan teri tinggi akan vitamin B3 yang tinggi atau niasin, yang berfungsi membantu mengubah makanan menjadi energi.

Selain itu, ikan ini juga mengandung selenium dalam jumlah besar, serta asam lemak omega-3. Melansir laman halodoc, berikut manfaat ikan teri untuk kesehatan, berkat ragam nutrisi yang dikandungannya.

Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan asam lemak omega 3 dan selenium pada ikan teri bisa memberikan manfaat besar bagi kesehatan jantung, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Asam lemak omega-3 bisa membantu memperbaiki tekanan darah, kolesterol, peradangan dan kadar trigliserida, serta fungsi pembuluh darah, dan aliran darah ke jantung yang akan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Mencegah penyakit tiroid

Selain mengurangi risiko penyakit jantung, kandungan selenium dalam ikan teri juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Kelenjar yang ada di leher ini berfungsi untuk menghasilkan hormon tiroid untuk mengatur metabolisme tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan selenium bisa menyebabkan masalah tiroid.

Menjaga kesehatan mata

Para ahli merekomendasikan agar pria mendapatkan 1,6 gram asam lemak omega-3 per hari, sedangkan wanita harus mendapatkan 1,1 gram. Sementara satu porsi ikan teri mengandung 0,45 gram omega-3 yang dikenal sebagai asam eicosapentaenoic (EPA) dan 0,77 gram asam docosahexaenoic (DHA).

Studi sudah menunjukkan bahwa pola makan yang kaya akan omega-3 tersebut bisa mengurangi risiko kamu untuk mengalami degenerasi makula yang bisa merusak penglihatan.

Mencegah Alzheimer

Asam lemak omega-3 juga penting untuk meningkatkan kesehatan otak. Dalam studi Harvard Medical School, para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi banyak asam lemak omega-3 memiliki kadar protein beta-amyloid yang lebih rendah, daripada orang yang tidak mendapatkan cukup nutrisi tersebut. Protein beta-amyloid adalah penanda penyakit alzheimer.

Kaya akan protein

Ikan teri juga kaya akan protein. Mengonsumsi makanan yang kaya akan protein bisa membantu menurunkan berat badan, karena nutrisi tersebut membuat Anda merasa kenyang. Manfaat ikan teri juga bisa membantu mempertahankan massa tubuh tanpa lemak.

Populer video

Berita lainnya