Cara Menghadapi Bulliying di Tempat Kerja

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bulliying di Tempat Kerja
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bullying tidak hanya ditemukan di sekolah-sekolah, di tempat kerja pun bisa terjadi perundungan. Bentuk bullying di tempat kerja meliputi mengabaikan karyawan lain dengan sengaja, menyebarkan rumor, pelecehan secara verbal, merendahkan kemampuan karyawan, memberikan informasi palsu, mengganggu privasi, mencuri ide, dan mengancam.

Dampak negatif perundungan di tempat kerja dapat menyebabkan kecemasan, serangan panik, menurunnya produktivitas, gangguan tidur, serta depresi. Kemudian, 23% korban perundungan memilih keluar dari pekerjaannya. Lantas bagaimana cara mengatasi bullying di tempat kerja? Melansir laman klikdokter, berikut penjelasannya.

Respons dengan tenang

Pelaku bullying akan senang ketika korban menunjukkan ekspresi kesal, takut, atau terluka karena tindakan intimidatif yang dilakukan. Meski sulit, penting bagi korban untuk tidak reaktif atau langsung memasukan tindakan perundungan ke hati dengan melatih kontrol emosi.

Menyelesaikan masalah secara langsung

Ketika mendapatkan perilaku bullying di tempat kerja, Anda dapat memberikan pembelaan atau menyelesaikan masalah secara langsung dengan angkat bicara dan tegaskan sikap ketika berkomunikasi dengan pelaku.

Pahami kebijakan di kantor

Anda perlu memahami bagaimana regulasi atau kebijakan di kantor tentang perundungan atau pelanggaran etik di tempat kerja. Jika terdapat peraturan yang jelas, Anda dapat mengadukan perilaku bullying sesuai dengan prosedur yang ada.

Beri tahu atasan

Bullying di tempat kerja dapat memengaruhi produktivitas karyawan, sehingga tidak perlu sungkan untuk mengutarakan apa yang dialami dan rasakan kepada atasan. Sampaikan dengan mempertimbangkan momen dan bukti agar penyampaian keluhan dapat diterima dengan baik.

Kumpulkan Bukti Bullying

Perundungan tidak hanya terjadi secara langsung, tapi juga bisa melalui tulisan atau perilaku lain yang meninggalkan jejak. Anda dapat mengumpulkan bukti perilaku bullying apa saja yang pernah diterima selama di tempat kerja. Bukti ini penting dimiliki, apalagi jika ingin melaporkan perundungan tersebut kepada pihak yang terkait.

Bicara dengan orang lain

Anda dapat berbicara kepada karyawan atau orang terdekat tentang bullying yang dialami untuk mendapatkan dukungan psikologis. Tidak mudah berada di tempat kerja yang kurang nyaman, sehingga perlu memiliki dukungan dari orang terdekat untuk menjaga semangat atau motivasi dalam bekerja.

Mencari pekerjaan baru

Tak sedikit orang yang mengambil pilihan untuk mencari tempat kerja baru ketika perilaku bullying sudah sulit diatasi. Namun, diperlukan perencanaan dan perhitungan yang sebelum meninggalkan tempat kerja saat ini.

Populer video

Berita lainnya