Kenali Ciri-Ciri Anda Memiliki Toxic Friend

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Toxic Relationship
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ketika mempunyai sahabat, mereka diharapkan mampu memberikan dukungan sosial dan emosional, serta meredakan perasaan kesepian. Tapi kenyataanya, hubungan pertemanan seringkali tidak sesuai harapan. Memiliki toxic friend justru terasa menjengkelkan.

Justru teman macam ini bisa mengganggu mental kamu atas perilakunya. Oleh sebab itu, perlu mengetahui ciri-ciri teman yang toxic demi kesehatan mental dan kesejahteraan hidup. Melansir laman halodoc, berikut ciri-cirinya.

Mereka Tidak Pernah Bertanya tentang Dirimu

Dalam hubungan persahabatan, perlu adanya keseimbangan antara Anda dan dirinya. Jika teman selalu hanya berbicara tentang dirinya sendiri, bisa jadi dia masuk golongan orang toxic. Ini biasanya tidak akan menanyakan keadaanmu atau menunjukkan rasa antusias saat Anda bercerita.

Tidak Pernah Memberikan Kritik Membangun

Sahabat yang baik tidak selalu mendukung setiap tindakan Anda. Dia akan mengoreksi ketika Anda melakukan sebuah kesalahan. Intinya, sahabat sejati tidak akan membuat Anda terjerumus dalam hal yang salah. Memberi kritik yang membangun merupakan salah satu tanda bahwa ia peduli dan menginginkan yang terbaik.

Tidak Suka Melihat Keberhasilan Anda

Sahabat yang benar-benar peduli akan meras berbahagia saat Anda berhasil. Namun, jika dirinya terlihat selalu ingin berada selangkah lebih maju atau tidak suka melihat Anda berhasil, itu pertanda dia termasuk golongan orang toxic.

Mereka Membuat Anda Lemah

Menghabiskan waktu dengan sahabat sejati seharusnya membuat Anda merasa antusias, bersemangat, bahkan terinspirasi. Namun, toxic friend justru melakukan hal yang sebaliknya. Mereka membuat Anda lemah, baik secara emosional maupun fisik.

Selalu Takut Melakukan Hal yang Salah di Hadapan Mereka

Sahabat sejati adalah orang yang membuat kamu merasa nyaman menunjukkan setiap sisi dirimu. Jika Anda merasa gugup dan takut akan melakukan atau mengatakan sesuatu, bisa jadi hubungan kalian kurang sehat.

Populer video

Berita lainnya