Ini Manfaat Gingseng untuk Kesehatan Rambut

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Gingseng
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sudah menjadi rahasia umum, gingseng dipercaya dapat mengatasi masalah kesehatan. Termasuk memiliki manfaat bagi kesehatan rambut. Tak heran jika banyak produk perawatan rambut yang mengandalkan ekstrak ginseng sebagai salah satu bahan kandungannya. Melansir laman sehatQ, berikut manfaat ginseng untuk rambut yang mungkin belum Anda ketahui.

Merangsang pertumbuhan rambut

Ginseng dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan. Sebab, gingseng mengandung saponin, yang dianggap mampu merangsang pertumbuhan rambut dengan cara menghambat produksi enzim 5a reductase. Adapun 5a reductase sendiri adalah enzim yang sering kali dikaitkan dengan kerontokan rambut pada pria.

Mencegah kerontokan rambut

Ginseng dinilai memiliki kemampuan untuk memodulasi dan menurunkan kadar zat inflamasi yang menyebabkan rambut rontok. Zat tersebut dikenal dengan sebutan TGF-β1. Sementara ginseng dapat meningkatkan kehidupan rambut dalam fase tumbuh dari siklusnya.

Membuat rambut menjadi tebal

Sebuah studi menjelaskan bahwa ginseng dinilai mampu membuat rambut menjadi lebih tebal. Para ahli yang melakukan studi tersebut percaya, kandungan ginsenosides yang dimiliki oleh ginseng bersifat antiradang dan antialergi sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut yang lebih baik.

Menghambat penipisan folikel rambut

Miniaturisasi rambut adalah proses penipisan folikel rambut yang bisa menyebabkan garis rambut mengalami kebotakan. Sementara ginseng kandungan ginsenosides yang dinilai mampu memperkuat akar-akar rambut sehingga mencegah kerontokan rambut yang parah.

Mencegah munculnya ketombe

Keberadaan ketombe di rambut berpotensi menurunkan rasa percaya diri dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Sementara ginseng mengandung saponin, komponen antibakteri yang dipercaya dapat mengatasi ketombe dan mencegahnya muncul kembali. Hal ini juga dipercaya bisa menjaga kebersihan folikel rambut.

Populer video

Berita lainnya