Ketuhui Sejumlah Manfaat Ikan Tenggiri untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ikan Tenggiri
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tenggiri merupakan salah satu jenis ikan yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain mudah ditemukan, ikan ini juga dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan hingga camilan. Sebut saja siomay atau otak-otak yang seringkali menggunakan ikan tenggiri sebagai salah satu bahannya.

Di samping itu, ikan tenggiri juga mengandung beragam nutrisi penting bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin B12, kalsium, fosfor, kalium, selenium, dan omega-3. Ada beberapa manfaat ikan tenggiri yang dapat Anda peroleh dengan mengonsumsinya secara rutin. Melansir laman alodokter, simak ulasannya.

Meningkatkan imunitas tubuh

Ikan tenggiri mengandung asam amino esensial dan salah satunya adalah lisin. Jenis asam amino ini dapat meningkatkan energi dan imunitas tubuh. Selain lisin, di dalam ikan tenggiri juga terkandung vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin ini diketahui bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Menjaga kesehatan jantung

Ikan tenggiri mengandung vitamin B12 yang tinggi. Vitamin ini diketahui bisa membawa beragam manfaat, salah satunya mengurangi kadar homosistein dalam darah, yaitu jenis asam amino yang berperan penting dalam pembentukan protein dalam tubuh.

Mencegah anemia

Manfaat ikan tenggiri selanjutnya adalah mencegah anemia. Manfaat ini berasal dari kandungan zat besi, vitamin B12, dan folat di dalamnya. Ketiga nutrisi tersebut berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah yang sehat.

Mengurangi risiko terkena diabetes

Meski perlu diteliti lebih lanjut, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti ikan tenggiri, bisa mencegah penyakit diabetes. Manfaat ini dikaitkan dengan kandungan omega-3 di dalamnya yang dapat mengontrol berat badan dan mengendalikan kadar gula darah.

Mengurangi risiko terkena kanker payudara

Mengonsumsi ikan tenggiri juga dipercaya dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara. Manfaat ini bisa diperoleh berkat kandungan omega-3 di dalamnya. Meski begitu, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Populer video

Berita lainnya