Kurang Tidur Saat Puasa? Atasi dengan Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Kurang Tidur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kurang tidur menjadi keluhan yang umum terjadi saat puasa. Walhasil, kondisi ini menyebabkan seseorang sering mengantuk dan sulit berkonsentrasi ketika beraktivitas. Padahal, normalnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 8 jam setiap harinya. Namun di bulan puasa, Anda perlu bangun lebih awal untuk makan sahur.

Mendapatkan tidur yang cukup merupakan hal yang penting, agar tubuh tetap fit dan bugar ketika berpuasa. Tidur yang cukup pun bisa menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kinerja otak, serta memperbaiki suasana hati. Melansir laman alodokter, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar tidak mengalami kurang tidur saat puasa.

Tidur lebih cepat

Mengingat Anda harus bangun lebih pagi untuk santap sahur di bulan puasa, guna menghindari kurang tidur, Anad perlu tidur lebih cepat di malam hari. Agar cepat terlelap dan tidur pun menjadi berkualitas, Anda juga bisa mengatur kamar tidur senyaman mungkin.

Sempatkan tidur siang

Bila memungkinkan, sempatkan waktu untuk tidur siang selama maksimal 20 menit. Selain bisa mengatasi kurang tidur saat puasa, tidur siang juga akan membuatmu lebih berstamina untuk kembali menjalani aktivitas.

Perhatikan pola makan

Selektif dalam memilih makanan saat berbuka puasa turut memengaruhi kualitas tidur. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari konsumsi makanan tinggi kalori, terlalu manis atau pedas, serta gorengan yang mengandung banyak minyak saat berbuka. Sebab, makanan-makanan tersebut bisa membuat sistem pencernaan bekerja ekstra untuk mengolahnya dan berisiko membuatmu sulit tidur atau bahkan tidurmu jadi tidak nyenyak.

Kurangi asupan kafein

Di waktu berbuka dan sahur, dianjurkan untuk mengurangi asupan kafein, seperti kopi dan teh. Sebab, kafein bisa membuatmu lebih terjaga, tidak mengantuk, dan menghambat produksi hormon yang mengatur tidur, yaitu hormon melatonin.

Rutin olahraga

Berolahraga saat puasa memang dianjurkan. Olahraga saat puasa bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, mulai dari mengontrol kadar gula darah tetap stabil, memperbaiki suasana hati, mengurangi stres, termasuk meningkatkan kualitas tidur. Namun, ada baiknya memilih jenis olahraga yang cocok dilakukan saat puasa dan tidak membuatmu mudah haus, seperti berjalan kaki, jogging, atau yoga.

Populer video

Berita lainnya