Tips Ampuh Menahan Pipis di Saat Darurat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kebelet Pipis
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Rasa ingin membuang air kecil di waktu yang tidak tepat tentu sangat mengganggu. Terutama ketika sedang dalam perjalanan panjang, dan tidak menemukan toliet di sekitar Anda. Alhasil, menahannya menjadi hal yang tidak bisa dielakkan. Namun perlu diingat, ini tidak boleh dilakukan sering-sering karena bisa berbahaya bagi kesehatan.

Jika dalam keadaan darurat dan Anda benar-benar perlu untuk menahan kencing, ada beberapa cara ampuh yang bisa dilakukan. Melansir laman sehatQ, berikut ulasannya.

Mengalihkan perhatian

Lakukan sesuatu yang secara aktif melibatkan otak seperti melakukan sebuah permainan, sehingga bisa mengalihkan perhatian Anda dari keinginan untuk buang air kecil. Anda juga bisa mendengarkan musik, memainkan ponsel, menonton film, ataupun membaca buku.

Ngobrol dengan seseorang

Berbicara dengan orang lain juga dapat membantu untuk mengalihkan pikiran Anda dari keinginan untuk buang air kecil. Anda dapat mengobrol dengan orang di sekitar atau menghubungi seseorang melalui telepon selama beberapa menit.

Berganti posisi

Terkadang berganti posisi untuk memindahkan tekanan juga bisa jadi cara menahan kencing. Caranya, Anda bisa mencondongkan tubuh sedikit ke depan agar tekanan pada perut dan kantung kemih berkurang. Menyilangkan kaki juga dapat membantu menahan buang air kecil agar tidak sampai mengompol.

Jauhkan air dari pandangan

Melihat air mungkin akan terus mengingatkan Anda pada keinginan ke kamar mandi untuk buang air kecil. Maka sebaiknya jangan melihat apa pun yang berbentuk cairan.

Diam

Beberapa macam gerakan dapat mendorong keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih kuat. Maka sebaiknya kurangi gerakan dan tetap diam. Jika keinginan untuk buang air kecil datang pada saat Anda sedang duduk, maka tetaplah duduk dan jangan berdiri.

Menghangatkan diri

Kedinginan dapat membuat hasrat ingin buang air kecil menjadi lebih kuat. Maka menghangatkan diri dengan mengubah suhu ruangan, menggunakan selimut atau baju hangat.

Populer video

Berita lainnya