8 Sumber Makanan yang Kaya Vitamin A

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Makanan Sumber Vitamin A
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sebagai nutrisi yang penting, vitamin A berperan dalam berbagai proses dalam tubuh. Beberapa manfaat vitamin A, yakni menjaga daya tahan tubuh, reproduksi, kesehatan kulit, penglihatan, serta organ vital lainnya dalam tubuh. Lantas, apa saja sumber makanan vitamin A? Melansir laman klikdokter, berikut daftarnya.

Minyak hati ikan

Satu sendok makan minyak hati ikan mengandung 4080 mikrogram vitamin A, serta menyimpan asam lemak omega-3. Kandungan ini berperan dalam mengatasi peradangan dan melindungi jantung. Selain itu, minyak ikan juga mengandung vitamin D yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan tulang, dan mencegah depresi.

Ubi

Ubi termasuk makanan sumber vitamin A. Kandungan vitamin ini tersedia dalam bentuk beta-karoten. Manfaatnya disebut-sebut dapat membantu melawan terjadinya degenerasi makula yang berhubungan dengan usia lanjut (AMD). Dengan begitu, penglihatan akan tetap berfungsi sebagai mestinya.

Hati sapi

Jeroan (spesifiknya hati sapi) merupakan salah satu makanan sumber vitamin A terbaik, karena sama dengan manusia, binatang juga menyimpan vitamin A di dalam hati. Selain hati sapi, hati domba dan sosis hati juga termasuk daging yang kaya akan vitamin A.

Wortel

Sudah dikenal masyarakat luas, wortel termasuk makanan yang mengandung vitamin A tinggi. Setengah gelas wortel mentah mengandung 459 mikrogram vitamin A, yang mencakupi 51 persen kebutuhan vitamin A dalam sehari. Selain itu, wortel juga kaya akan serat yang dapat mencegah sembelit dan menyehatkan saluran cerna.

Bayam

Seperti sayuran berdaun hijau lainnya, bayam mengandung berbagai nutrisi, termasuk vitamin A. Tiap setengah gelas bayam rebus mengandung 573 mikrogram vitamin A, yang mencukupi 64 persen kebutuhan harian.

Brokoli

Setengah gelas brokoli mengandung kalori rendah, yaitu 15 kalori. Sayuran hijau ini juga merupakan sumber sayuran yang mengandung vitamin C dan K. Vitamin K penting untuk metabolisme tulang dan pembekuan darah, sedangkan vitamin C mampu meningkatkan daya tahan tubuh, serta memiliki kegunaan antioksidan dan antiradang.

Selain menjadi makanan sumber vitamin A yang baik, brokoli juga mampu menurunkan risiko seseorang terkena kanker, karena adanya zat bernama sulforafan.

Mangga

Tak hanya vitamin C, mangga juga merupakan buah yang mengandung vitamin A. Sebuah mangga utuh mengandung 112 mikrogram vitamin A, yang dapat memenuhi 12 persen kebutuhan harian. Buah yang satu ini juga kaya akan antioksidan dan serat, sehingga dapat membantu fungsi saluran cerna dan mengontrol kadar gula darah.

Paprika merah

Paprika merah adalah makanan yang mengandung 117 mikrogram vitamin A, yang merupakan 13 persen kebutuhan harian. Selain itu, keunggulan paprika merah lainnya diperoleh dari kandungannya yang hanya 19 kalori serta kaya akan vitamin C, B6, dan folat.

Paprika merah merupakan sumber antioksidan yang baik, seperti kapsantin dan kuersetin, yang bersifat antiradang dan antihistamin. Artinya, keduanya mampu mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh alergi.

Populer video

Berita lainnya