Cara Memutihkan Wajah dengan Beras

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Memutihkan Wajah dengan Beras
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Khasiat beras untuk kulit sudah dikenal sejak zaman dulu. Bahkan beras kini banyak dijadikan sebagai bahan aktif dalam produk perawatan kulit wajah. Ini dikarenakan beras kaya akan vitamin B, vitamin E, zinc, dan antioksidan yang baik untuk kulit wajah.

Beberapa penelitian menyatakan, ekstrak beras memiliki efek anti-aging, yang dapat digunakan untuk mengatasi flek hitam, memperhalus tampilan kerutan, dan memperbaiki kerusakan kulit. Berkat kandungan yang ada di dalamnya, beras bermanfaat untuk membuat kulit tampak lebih putih, cerah, dan bersih.

Namun perlu diingat, cara memutihkan wajah dengan beras di atas tidak bisa memberikan hasil yang instan. Oleh karena itu, untuk mencerahkan dan memutihkan wajah, anda perlu melakukannya secara rutin dan konsisten. Melansir laman alodokter, berikut cara memutihkan wajah dengan beras.

Mencuci wajah dengan air rendaman beras

Rutin membasuh muka dengan air beras dapat memutihkan, menenangkan, dan memperbaiki kulit wajah yang rusak. Rendamlah beras dengan air bersih selama sekitar 30 menit, lalu saring. Jangan lupa untuk menekan-nekan beras ketika disaring dengan sendok supaya ekstraknya keluar. Setelah itu, dinginkan air rendaman beras di kulkas. Sebelum digunakan untuk wajah, campurkan air rendaman tersebut dengan air bersih.

Mencuci wajah dengan air rebusan beras

Air rebusan beras atau air tajin bisa dimanfaatkan sebagai toner alami wajah. Air rebusan beras mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin dan mineral, serta antioksidan yang baik untuk mencegah dan membantu mengatasi keriput di kulit dan menghilangkan flek hitam akibat penuaan. Tak hanya itu, air rebusan beras juga baik untuk mengatasi kulit kering dan menjaga kelembapan kulit.

Caranya, anda hanya perlu mencuci beras, lalu ambil airnya. Setelah direbus selama kurang lebih 10 menit, diamkan air beras hingga dingin. Setelah itu, anda bisa menggunakan air tersebut pada wajah.

Membuat scrub wajah dari tepung beras

Cara memutihkan wajah dengan beras lainnya adalah membuat scrub wajah dari tepung beras. Tepung beras adalah salah satu bahan alami yang baik untuk membersihkan dan mengangkat sel kulit mati (eksfoliasi) dan memperhalus tekstur permukaan kulit.

Untuk membuatnya, anda hanya perlu mencampurkan 2−3 sendok teh tepung beras, ½ cangkir susu, dan 3 sendok makan minyak zaitun. Setelah itu, oleskan scrub tepung beras pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Lalu, gosok wajah dengan lembut dan bilas dengan air hangat. Guna hasil yang maksimal, anda disarankan untuk menggunakan scrub tepung beras sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Menggunakan toner wajah dari air beras dan air lemon

Anda juga bisa menggunakan air beras yang dicampur dengan air lemon sebagai toner untuk memutihkan wajah. Cara membuat toner ini yaitu:

  • Rendam ½ cangkir beras ke dalam 1 cangkir air hangat semalaman.
  • Esoknya, saring air beras dan tambahkan 3 sendok makan air lemon.
  • Masukkan campuran tersebut ke dalam kulkas, lalu diamkan selama 1 jam.
  • Toner siap untuk digunakan pada wajah.

Untuk mengaplikasikan nya, anda dapat menggunakan kapas. Basahi kapas dengan toner dan usapkan secara merata ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air.

Membuat masker dari campuran tepung beras, oats, susu, dan madu

Masker wajah yang terbuat dari campuran tepung beras, oats, susu, dan madu berkhasiat untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan noda atau flek hitam pada wajah. Madu dan oats juga bisa membantu mengatasi jerawat. Anda bisa membuat masker pemutih wajah alami ini dengan langkah berikut:

  • Campurkan 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh oats, 1 sendok teh susu, dan 1 sendok teh madu.
  • Aduk hingga rata, lalu oleskan masker ke seluruh wajah dan diamkan selama 10−15 menit.
  • Bilas masker hingga bersih.
  • Lakukan perawatan ini 2 atau 3 kali seminggu untuk memperoleh hasil yang optimal.

Populer video

Berita lainnya