Rambut Rontok? Sebaiknya Konsumsi 5 Sumber Vitamin Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Atasi Rambut Rontok
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mengatasi rambut rontok tidak hanya melakukan perawatan dari luar. Diperlukan juga mengonsumsi vitamin rambut rontok agar hasil yang didapat lebih opetimal. Sebab faktanya, kerontokan rambut dapat disebabkan karena tubuh kekurangan nutrisi tertenut.

Jika anda merasa asupan harian kurang maksimal untuk mendorong pertumbuhan rambut, alangkah baiknya memenuhi berbagai vitamin untuk rambut rontok. Dilansir dari laman SehatQ, berikut ini jenis vitamin yang bagus untuk mengatasi rambut rontok.

Vitamin A

Salah satu pilihan vitamin rambut rontok adalah vitamin A. Jika tubuh kekurangan vitamin A, maka dapat menyebabkan beberapa masalah, termasuk rambut rontok.

Pada dasarnya, semua sel dalam tubuh membutuhkan vitamin A untuk dapat tumbuh. Tak terkecuali rambut, jaringan yang tumbuh paling cepat dalam tubuh manusia. Vitamin A juga dapat membantu kelenjar kulit untuk memproduksi minyak alami yang disebut sebum. Sebum berfungsi untuk melembapkan kulit kepala dan menjaga kesehatan rambut.

Anda bisa mengonsumsi sumber makanan vitamin A yang berasal dari ubi, wortel, labu, bayam, dan kale, yang tinggi akan kandungan beta-karoten. Vitamin A juga bisa didapat dari produk hewani, seperti susu, telur, dan yogurt.

Vitamin B

Sebuah hasil riset yang dimuat dalam National Library of Medicine membuktikan bahwa ada keterkaitan erat antara kerontokan rambut dengan defisiensi biotin pada manusia. Vitamin B dapat membantu memproduksi sel darah merah, yang berfungsi membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala dan folikel rambut. Proses ini penting untuk pertumbuhan rambut.

Anda dapat mengonsumsi sumber vitamin B dari berbagai makanan, seperti biji-bijian utuh, kacang almond, daging merah, ikan, makanan laut, serta sayuran hijau. Selain makanan, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen biotin sebagai cara menumbuhkan rambut rontok.

Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi rambut dari stres oksidatif yang disebabkan oleh paparan radikal bebas, yang dapat menghambat pertumbuhan dan menyebabkan rambut jadi menua. Tak hanya itu, tubuh membutuhkan vitamin C untuk memproduksi protein yang dikenal sebagai kolagen. Kolagen menjadi bagian penting dari struktur rambut.

Vitamin C juga bisa membantu tubuh Anda menyerap zat besi, yakni mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut.
Anda bisa menemukan berbagai makanan yang mengandung vitamin C melalui ragam buah-buahan, seperti stroberi, jambu biji, dan jeruk.

Vitamin D

Kekurangan vitamin D sering kali dikaitkan dengan kondisi alopecia. Yakni, kondisi kerontokan rambut atau kebotakan akibat penyakit autoimun.

Sebuah hasil studi menunjukkan bahwa salah satu vitamin rambut rontok ini mampu membuat folikel rambut, yakni pori-pori kecil pada kulit kepala sebagai tempat rambut untuk tumbuh.

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D secara mudah dengan cara berjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi sejumlah makanan sumber vitamin D, seperti ikan berlemak, minyak hati ikan kod, beberapa jenis jamur, dan makanan terfortifikasi.

Vitamin E

Vitamin E bisa menjadi pilihan vitamin rambut rontok yang dipenuhi. Mirip dengan vitamin C, vitamin E adalah antioksidan yang mampu mencegah stres oksidatif.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang dengan masalah kerontokan rambut mengalami peningkatan 34,5 persen dalam pertumbuhan rambut setelah mengonsumsi vitamin E selama 8 bulan. Selain suplemen, anda bisa mendapatkan sumber nutrisi vitamin E secara alami melalui biji bunga matahari, kacang almond, bayam, dan alpukat.

Populer video

Berita lainnya