Nyeri Haid Sangat Mengganggu? Cobalah Beberapa Olahraga Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Nyeri Haid
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin sebagian wanita ada yang merasakan nyeri haid ringan. Namun tak sedikit yang mengalami nyeri haid yang luar biasa menyiksa hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Ya, nyeri saat haid merupakan keluhan yang umum dirasakan oleh wanita selama menstruasi. Hal ini disebabkan oleh pelepasan hormon prostaglandin yang menyebabkan rahim berkontraksi untuk mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi.

Namun ternyata, nyeri haid dapat diatasi dengan berolahraga lho! Ada beberapa pilihan olahraga untuk mengurangi nyeri haid yang dapat anda coba, yang aman dan umumnya mudah dilakukan di rumah. Dilansir dari laman alodokter, berikut ini beberapa pilihan olahraga untuk mengurangi nyeri haid yang dapat anda coba lakukan.

Jalan santai

Olahraga ringan seperti jalan santai, terbukti dapat meringankan keluhan yang muncul saat menstruasi. Misalnya nyeri atau kram perut, sakit kepala, perut kembung, dan nyeri payudara. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, luangkanlah waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk melakukan jalan santai.

Berenang

Ada mitos yang menyebutkan bahwa wanita tidak boleh berenang saat haid, padahal mitos tersebut tidak terbukti benar. Nyatanya, berenang saat haid termasuk aman jika anda menggunakan produk menstruasi yang tepat, seperti tampon atau menstrual cup.

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat mengurangi kram dan kelelahan selama haid. Durasi renang yang dianjurkan adalah sekitar 10–30 menit sebanyak 2–5 kali seminggu.

Bersepeda

Bersepeda termasuk olahraga aerobik ringan yang baik untuk mengurangi nyeri haid. Jika rutin dilakukan, bersepeda akan membuat aliran darah lebih lancar dan membuat anda lebih rileks, sehingga nyeri saat haid pun akan berkurang. Jika belum terbiasa, Anda bisa memulainya dengan bersepeda selama 15–20 menit, lalu tingkatkan secara perlahan hingga sekitar 30 menit setiap harinya.

Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga ringan yang dapat membuat tubuh lebih rileks, menenangkan pikiran, serta mengurangi keluhan nyeri haid. Olahraga yang praktis dan bisa dilakukan di rumah ini terbukti efektif untuk mengurangi gejala nyeri dan stres pada wanita saat haid.

Pilates

Gerakan dalam pilates baik untuk melancarkan aliran darah, meregangkan otot, dan meningkatkan hormon endorfin yang dapat mengurangi nyeri saat haid. Selain itu, olahraga ini juga baik untuk memperkuat otot dan sendi serta meringankan nyeri punggung.

Populer video

Berita lainnya