Gatal di Kulit Sangat Mengganggu? Atasi dengan Bahan Alami Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Atasi gatal di kulit dengan bahan alami
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Gatal di kulit bisa sangat mengganggu, bahkan menyakitkan. Saat gatal menyerang, biasanya seseorang akan menggaruk permukaan kulit untuk meredakan gejala. Namun menggaruk kulit yang gatal sebenarnya tidak disarankan dan bisa memicu masalah kulit lainnya, seperti kulit kering, bersisik, dan muncul luka.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kulit gatal, salah satunya reaksi alergi. Sebagai pertolongan pertama, anda bisa mengatasi gatal pada permukaan kulit dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Dilansir dari laman hellosehat, berikut ini bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati gatal.

Lidah buaya

Dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit, gel lidah buaya bisa membantu meredakan iritasi karena kulit gatal atau kering. Kandungan dalam tanaman ini bisa membantu melembapkan dan menjaga kadar air di dalam kulit tetap tercukupi. Obat alami ini aman digunakan. Tapi sebaiknya biasakan menguji reaksi alergi sebelum mengoleskannya. Menguji reaksi alergi bisa dilakukan dengan mengoleskan sedikit lidah buaya ke telapak tangan.

Minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi keluhan gatal di permukaan kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa ampuh mengatasi masalah kulit, termasuk gatal karena peradangan akibat alergi. Minyak kelapa tidak hanya memiliki sifat antiinflamasi, tetapi juga bisa menghilangkan rasa sakit karena peradangan. Mengoleskan minyak ini juga bisa membantu meningkatkan kadar antioksidan yang berfungsi untuk menstabilkan radikal bebas dan mengatasi peradangan pemicu gatal-gatal.

Oatmeal

Selain baik untuk menu sarapan, oatmeal ternyata juga bisa membantu mengatasi gatal pada kulit. Memiliki sifat humektan, oatmeal bisa membantu melembapkan kulit. Untuk mendapat manfaat kesehatan kulit dari oatmeal, cobalah untuk mencampurkan oatmeal yang berbentuk krim koloid ke dalam air mandi. Oatmeal juga disebut memiliki kandungan zat antiinflamasi dan antioksidan yang bisa mengurangi rasa gatal, kulit kering, serta kulit kasar atau keras.

Es batu

Mengompres bagian kulit yang gatal dengan es batu juga bisa membantu meringankan gejala gatal. Cobalah untuk meletakkan kantong es atau ke permukaan kulit yang terasa sangat gatal.

Perbanyak air putih

Gatal pada kulit juga bisa terjadi karena kurang cairan dalam tubuh alias dehidrasi. Oleh karena itu, cara mengatasinya dengan meningkatkan konsumsi air putih. Banyak minum air putih bisa membantu menghidrasi kulit, sehingga terhindar dari gatal-gatal atau masalah kulit lainnya.

Populer video

Berita lainnya