Temukan Mentor Utama Dalam Hidup yang Memiliki Nilai-Nilai Islam

pic by: canva.com

Menemukan Mentor yang memiliki nilai-nilai yang sama dengan Anda, Islam atau tidak, tidaklah terlalu sulit. Namun, kebanyakan mentor yang baik terlalu sibuk untuk memberi Anda waktu yang Anda butuhkan. Hal lain yang akan Anda temukan adalah bahwa Anda tidak akan menemukan satu pun Mentor atau Pemimpin yang memiliki semua keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang Anda butuhkan.

Jika Anda menaruh semua kepercayaan dan ketergantungan Anda pada satu orang, Anda akan menemukan bahwa Anda tidak akan memenuhi semua kebutuhan Anda. Al-Quran dan Sunnah adalah satu-satunya sumber Bimbingan atau kepemimpinan yang konsisten yang menurut saya berguna untuk semua situasi. Jika Anda mengambil tuntunan Allah dari Al-Quran, dan kemudian kehidupan teladan Nabi (SAW) melalui Sunnahnya, maka Anda telah memperoleh sebagian besar dari apa yang Anda butuhkan.

Namun, Anda masih perlu menemukan cara untuk mengakses pengetahuan ini sehingga membantu Anda menavigasi pilihan hidup, tantangan, dan perjalanan Anda pada tingkat praktis. Untuk itu Anda memerlukan beberapa bentuk kepemimpinan dan bimbingan. Sebagian besar dari kita berharap kepada orang tua kita untuk mendapatkan tuntunan ini dan ketika kita tidak menemukan jawabannya, kita mencari ke tempat lain.

  • Benamkan Diri Anda dalam Bimbingan Allah

Tidak ada tempat di mana Anda akan menemukan jawaban sebanyak pertanyaan yang ada dalam pikiran Anda, kecuali dalam Al-Quran. Allah mengetahui setiap situasi yang akan Anda hadapi sepanjang hidup Anda, dan sebagai Yang Maha Mengetahui, Dia telah menyediakan berbagai solusi untuk situasi tersebut di dalam Al-Quran.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah membaca Al-Quran dari awal hingga akhir. Pandanglah Al-Quran seolah-olah itu adalah panduan langkah demi langkah untuk melangkah dari buaian hingga liang lahat. Itu seperti panduan hidup terbaik dari A-Z yang pernah Anda temukan.

  • Pelajari tentang Kehidupan Nabi

Nabi Muhammad (saw) adalah contoh manusia yang berjalan, berbicara, dan menjadi teladan tentang cara terbaik untuk menjalani hidup. Allah berfirman: “dan Dia tidak berkata menurut hawa nafsunya, Dia hanya berkata melalui wahyu.” Surah An-Najm

Dalam ayat ini, Allah memberi tahu kita bahwa Dia adalah bagian dari wahyu. Allah mengutus Rasul-Nya (saw) untuk mengajar kita dan menunjukkan kepada kita cara terbaik untuk menjalani hidup. Jadi, jika Anda ingin tahu cara mengambil Al-Quran dan apa yang Anda pelajari dari Al-Quran serta menerapkannya dalam hidup Anda, lihat saja cara Nabi menerapkannya dalam hidupnya.

  • Belajar dari Para Orang Hebat di Masa Lalu

Manusia telah ada sejak lama dan banyak orang telah mengalami tantangan yang sama dan perjalanan yang mirip dengan yang Anda alami dalam hidup saat ini. Anda dapat menemukan kebijaksanaan yang luar biasa dalam memahami bagaimana orang lain menjalani tantangan yang sama dan apa yang mereka lakukan untuk melewatinya.

Sekarang, ada begitu banyak pelajaran yang dapat dipelajari dalam hidup. Namun, Anda tidak harus mempelajari semuanya dengan menghadapi tantangan dan kesulitan sendiri. Orang lain mengalaminya dan kita dapat belajar dari kesalahan orang lain dan ini adalah salah satu alasan mengapa mencari pengetahuan dan berusaha untuk memahami adalah hal yang sangat penting, karena hal itu membantu kita untuk menghindari kemungkinan masalah dan melihatnya datang.

  • Pelajari yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda Saat Ini

Di setiap titik kehidupan, kita membutuhkan sesuatu yang berbeda karena tantangan yang kita hadapi adalah tantangan baru. Cara tercepat untuk menghadapi tantangan ini adalah dengan memahaminya, dan tidak ada cara yang lebih baik untuk melakukannya selain mempelajari mata kuliah yang saat ini sedang Anda hadapi. Misalnya, saat Anda menjadi orang tua baru, tantangan baru akan menghampiri Anda, dan Anda mungkin merasa kewalahan dengan banyaknya tantangan yang harus Anda hadapi.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mempelajari tentang pengasuhan anak dan menemui mereka yang telah mengatasi tantangan yang saat ini Anda hadapi. Itu mungkin berarti Anda memerlukan bimbingan dan pelatihan khusus di bidang pengasuhan anak, dan ada banyak mentor yang dapat membantu Anda dalam hal itu. Atau mungkin Anda membaca buku-buku spesialis atau kursus yang mengkhususkan diri dalam pengasuhan anak, yang telah memberikan dukungan dan pelatihan tentang cara mengatasi tantangan ini.

  • Bergabunglah dengan Kelompok Komunitas

Ada banyak kelompok komunitas di luar sana yang menyediakan dukungan dan saran bagi orang-orang yang menghadapi berbagai tantangan. Kelompok komunitas ini dibentuk untuk menghadapi tantangan yang spesifik pada satu bidang kehidupan. Misalnya, orang-orang dengan kebiasaan buruk akan menemukan bahwa ada sekelompok orang yang memiliki kebiasaan buruk yang berkumpul untuk saling mendukung dan membimbing dalam mengatasi masalah yang mereka hadapi.

Jadi, jika Anda mengikuti sesi dukungan atau kelompok bimbingan komunitas ini, tempat Anda dibantu mengatasi suatu masalah, maka Anda juga perlu memahami bahwa mereka tidak akan menyelesaikan masalah Anda. Mereka akan memberi Anda dukungan dan saran yang Anda butuhkan, tetapi Anda harus mengambil tindakan terhadap hal-hal ini.

  • Pelajari Petunjuk Al-Quran

Hal ini berhubungan kembali dengan yang pertama, yaitu membenamkan diri dalam petunjuk Allah. Namun, pada titik ini, saya ingin mengatakan bahwa membaca terjemahan Al-Quran saja tidak cukup. Anda harus menempuh perjalanan untuk memahami Al-Quran.

Belajar membantu Anda untuk melihat lebih jauh dari makna-makna yang tampak ketika kita membaca Al-Quran. Dan untuk ini, Anda harus membuat jadwal rutin dan meluangkan waktu, meskipun hanya sedikit, untuk membantu diri Anda lebih memahami tuntunan tersebut.

Populer video

Berita lainnya