5 Kiat Bekerja Jarak Jauh — Tanpa Ketahuan Atasan Anda

pic by: canva.com

Keseimbangan kehidupan kerja adalah perjuangan yang tiada henti bagi banyak dari kita, yang merupakan bagian dari daya tarik bekerja jarak jauh sejak awal: Ini memberi Anda lebih banyak kendali. Namun, seorang pakar mengatakan ada cara untuk mendapatkan lebih banyak kebebasan dari skenario bekerja dari rumah, tanpa sepengetahuan atasan Anda.

Pakar karier membagikan 5 kiat tentang cara melakukan lebih sedikit pekerjaan saat bekerja jarak jauh tanpa sepengetahuan atasan Anda. Manfaat bekerja jarak jauh sudah jelas; ini menghemat banyak waktu dan uang untuk biaya perjalanan, menghindari semua gangguan konstan yang datang dengan lingkungan kantor, dan memberi Anda lebih banyak kendali atas waktu Anda sendiri.

Keseimbangan kehidupan kerja adalah kunci daya tarik kerja jarak jauh — serta penentangan yang ditunjukkan banyak profesional terhadap mandat kembali ke kantor dari perusahaan. Namun, pakar karier dan TikToker Courtney Johnson mengatakan ada lima cara untuk mendapatkan lebih banyak kebebasan dari skema kerja jarak jauh.

1. Berhenti bekerja 8 jam setiap hari

Ambil semua waktu yang dulu terbuang dengan gangguan di kantor dan masukkan juga ke dalam hari kerja jarak jauh Anda.

“Bekerja delapan jam sehari… sama sekali tidak perlu,” kata Johnson. “Pikirkan semua waktu yang Anda habiskan di kantor, seperti [bermain-main]. Masukkan itu ke dalam hari Anda.” Itu adil, bukan?

 2. Bekerja dari lobi hotel mewah dan lokasi serupa lainnya

Johnson mengatakan bekerja dari lokasi seperti ini menawarkan “suasana yang menyenangkan,” tetapi juga menyediakan dinamika penting yang tidak ada dalam posisi kerja jarak jauh dan kerja dari rumah, yaitu kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain.

Interaksi ini tidak hanya penting bagi kesehatan mental Anda, tetapi sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan bimbingan dan pengayaan adalah salah satu dari sedikit kerugian nyata dari bekerja dari rumah, terutama bagi para profesional muda yang baru memulai karier mereka.

3. Tetaplah terlihat sepanjang hari sehingga Anda tidak diberi lebih banyak pekerjaan

Semakin banyak orang yang terkejut dengan hal-hal seperti PHK dan proses pencarian kerja yang semakin tidak manusiawi, semakin banyak orang yang menyadari kebenaran sederhana bahwa di sebagian besar perusahaan, pekerja hanyalah roda penggerak dalam mesin atau angka-angka pada lembar kerja.

Johnson termasuk di antara mereka yang mengatakan bahwa Anda harus memperlakukan pekerjaan Anda dengan cara yang sama. Ia menyarankan agar Anda “membuat diri Anda terlihat setidaknya satu kali per hari” baik Anda benar-benar sibuk atau tidak, dengan mengirimkan pembaruan pada layanan pesan atau melalui email. Mengapa? Ini semua tentang penampilan dan menghindari beban kerja yang lebih berat. “Dengan cara ini, Anda selalu terlihat menyelesaikan sesuatu,” katanya, “dan Anda tidak akan mendapatkan lebih banyak pekerjaan.”

4. Fokus pada hasil aktual

Johnson mengatakan untuk mempertahankan kendali atas skema kerja jarak jauh Anda, menambahkan, “hasil Anda jauh lebih penting daripada waktu aktual yang Anda habiskan saat memberikan pembaruan.”

Mengungkit-ungkit waktu yang Anda habiskan untuk melakukan pekerjaan dapat dengan mudah menimbulkan kecurigaan bahwa Anda tidak dapat menangani beban kerja atau bahwa Anda melebih-lebihkan sesuatu untuk menutupi seberapa banyak Anda bermalas-malasan. “Berikan informasi terbaru tentang hasil,” kata Johnson, daripada “repetisi yang Anda lakukan.”

5. Selalu gunakan latar belakang virtual selama rapat daring

“Bukan urusan perusahaan Anda di mana Anda berada, seperti apa rumah Anda,” kata Johnson. Menjaga privasi Anda adalah kunci agar skema jarak jauh bekerja paling baik untuk Anda. Sekali lagi, ini semua tentang keseimbangan dan batasan kehidupan kerja.

Langkah ini sangat penting jika Anda adalah tipe orang yang suka bepergian atau menjadi “pengembara digital.” “Jika Anda bepergian,” kata Johnson, “mereka akan memandang rendah Anda,” tidak peduli apa pun kebijakan mereka.

Jadi, katanya, jangan beri mereka amunisi. “Jika Anda pengembara digital atau sering bepergian, jangan biarkan orang lain tahu di mana Anda berada. Jadilah misterius.” Sekalipun Anda tidak bepergian keliling dunia, itu adalah nasihat yang bagus bagi siapa pun yang ingin menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan nyata.

Populer video

Berita lainnya