Pasbata Jokowi Adukan Roy Suryo ke Bareskrim Polri

Pict by Instagram

Organisasi Pasukan Bawah Tanah (Pasbata) Jokowi melaporkan Roy Suryo ke Bareskrim Polri. Mereka mengadukan Roy Suryo karena menyatakan akun Fufufafa 99% milik Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka. Sekjen Pasbata, Sri Kuntoro Budiyanto, mendesak Roy memberikan bukti pernyataannya dalam waktu 1×24 jam. Menurutnya, pernyataan tersebut menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Saya minta Roy membuktikan pernyataannya dalam 1×24 jam. Pernyataan itu membuat kami resah dan gelisah,” kata Budiyanto saat diwawancarai di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (27/9/2024). Budiyanto menilai bahwa Roy Suryo telah memicu kegaduhan di tengah masyarakat. Padahal, menurutnya, rakyat seharusnya tenang selama masa transisi pemerintahan.

“Di masa pergantian presiden, kita sebagai bangsa harus tenang. Pak Jokowi seharusnya menyelesaikan masa jabatannya dengan baik, namun diganggu. Begitu pula Mas Gibran yang telah dipilih oleh rakyat dengan suara 58 persen,” ujar Budiyanto.

Ia menambahkan, sebagai tokoh senior, Roy Suryo seharusnya memberikan contoh yang baik, bukan menimbulkan kegaduhan. Aduan yang diajukan Pasbata telah diterima oleh Bareskrim. Budiyanto mengaku telah menyerahkan bukti-bukti terkait aduan tersebut, namun ia enggan merincinya. “Beberapa bukti sudah kami sampaikan, tapi untuk media, saya belum bisa mengungkapkan lebih lanjut,” kata Budiyanto.

Roy Suryo diadukan dengan pasal-pasal dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Budiyanto menuduh Roy telah menyebarkan berita bohong. “Roy telah melanggar pasal 27-28 UU ITE terkait penyebaran berita bohong. Dia bilang 99 persen, tapi buktinya mana?” ucap Budiyanto.

Menanggapi aduan tersebut, Roy Suryo tampaknya tidak terlalu khawatir. Dia merasa belum perlu memberikan respons apapun terkait laporan tersebut dan menyerahkan penilaian kepada masyarakat. “Saya baru dengar tentang Pasukan Bawah Tanah yang tiba-tiba muncul dan membuat laporan lucu ini,” kata Roy Suryo. “Soal laporan itu, biarkan masyarakat dan netizen yang menilai dulu. Ini bisa menjadi pembelajaran bagi semua. Saya belum perlu mengambil sikap apapun,” lanjutnya.

Akun Fufufafa sendiri ramai diperbincangkan di media sosial, khususnya di platform X, setelah sejumlah unggahannya di Kaskus tersebar. Akun tersebut sering memberikan komentar negatif tentang Prabowo Subianto, yang juga merupakan salah satu tokoh penting di politik Indonesia.

Populer video

Berita lainnya