Dukungan Pertamina untuk UMKM di Grand Prix Indonesia

Pict by Instagram

PT Pertamina Patra Niaga (PPN) bekerja sama dengan Rumah BUMN Pertamina Lombok Timur mendukung 60 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memamerkan produk mereka. Acara ini berlangsung dari Jumat hingga Minggu, 27-29 September 2024, di Pertamina Mandalika International Circuit. Pertamina Grand Prix of Indonesia ini menampilkan kekayaan budaya dan kreativitas lokal yang mampu menarik wisatawan mancanegara.

UMKM yang berpartisipasi dalam festival ini menawarkan beragam produk kuliner khas Lombok. Selain itu, kerajinan tangan seperti tas, baju, dan aksesori menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Corporate Secretary PPN, Heppy Wulansari, menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah melalui partisipasi UMKM dalam acara berskala internasional.

“Dukungan ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan UMKM, terutama di Lombok,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (28/9/2024). Heppy menambahkan bahwa UMKM yang menjual makanan menggunakan Bright Gas untuk memastikan kualitas masakan selama acara. Aplikasi MyPertamina juga mempermudah transaksi, memberikan harga spesial untuk pembeli.

“Dengan MyPertamina, UMKM dapat mengelola penjualan lebih efisien, sementara pembeli menikmati harga spesial di setiap transaksi,” ungkap Heppy. Pengunjung pameran produk UMKM binaan Pertamina menunjukkan antusiasme besar, termasuk dari turis mancanegara.

Salah satu turis asal Inggris, Susie Gait, mengungkapkan ketertarikan pada produk lokal seperti songket Lombok. “Ini ide luar biasa untuk menghadirkan banyak stan yang menjual kerajinan dan makanan lokal. Kami tidak melakukan hal seperti ini di British Grand Prix. Ini cara bagus untuk memperkenalkan produk lokal kepada dunia,” katanya.

Indah Lestari, pemilik Songket Bunga Rinjani dan pelaku UMKM binaan, merasakan manfaat besar setelah bergabung dengan Pertamina. Ia mengakui bahwa penjualan dan pengenalan mereknya meningkat tajam selama acara ini. “Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pertamina atas dukungannya. Kali ini, saya diajak berpartisipasi di ajang internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia. Pendapatan saya selama acara juga meningkat,” ungkap Indah.

Partisipasi UMKM binaan Pertamina tidak hanya memperkuat ekonomi lokal, tetapi juga menjadikan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 sebagai wadah untuk memperkenalkan budaya dan inovasi Indonesia ke dunia.

Populer video

Berita lainnya