Joshua Kalah Tragis, Kariernya Terancam

Pict by Instagram

Karier Anthony Joshua kembali merosot setelah kekalahan telak dari Daniel Dubois pada Sabtu (21/9/2024). Sebelumnya, Joshua hampir meraih status juara dunia kelas berat antara 2018 hingga 2020, dengan memegang gelar WBA (Super), IBF, WBO, dan IBO. Namun, dia kehilangan semua gelarnya pada 2021 setelah dikalahkan Oleksandr Usyk, dan kembali kalah dalam rematch tahun 2022.

Sejak itu, Joshua mencoba membangkitkan kariernya dengan meraih empat kemenangan beruntun. Rangkaian kemenangan tersebut memberinya kesempatan bertarung memperebutkan gelar melawan Daniel Dubois, juara baru IBF yang mendapatkan gelar setelah dilepas oleh Usyk. Pertarungan ini diadakan di Stadion Wembley dan diharapkan bisa mengembalikan Joshua ke puncak kejayaan.

Namun, Joshua tampil jauh dari harapan. Pada ronde pertama, dia langsung dirobohkan oleh pukulan kanan Dubois, meskipun selamat berkat bel ronde. Di ronde kedua, Joshua terus menerima serangan bertubi-tubi. Dubois sukses menjatuhkannya lagi di ronde ketiga dengan hook kiri yang mematahkan serangan Joshua. Meski terselamatkan oleh bel, kondisinya terlihat semakin lemah.

Ronde keempat dimulai dengan Joshua kembali menerima hitungan dari wasit. Di ronde kelima, Dubois menyudahi pertarungan dengan pukulan keras ke rahang Joshua, membuatnya tak bisa bangkit lagi. Kekalahan KO di ronde kelima ini menjadi yang paling buruk dalam karier Joshua. Sebelumnya, ia pernah kalah KO oleh Andy Ruiz Jr pada 2019, tetapi saat itu Joshua sempat unggul di awal pertarungan.

Kekalahan ini menimbulkan pertanyaan besar tentang masa depan Joshua di dunia tinju. Reputasinya semakin terpuruk setelah kekalahan telak tersebut. Sebelum pertarungan ini, ada rencana mempertemukan Joshua dengan Tyson Fury. Namun, setelah kekalahan ini, rencana tersebut hampir pasti batal.

Setelah kekalahan, Joshua mengakui banyak kesalahan yang dilakukannya selama bertarung melawan Dubois. “Saya selalu mengatakan kepada diri sendiri bahwa saya adalah petarung sejati. Namun, ada banyak kesalahan yang saya buat hari ini,” ujar Joshua, seperti dilansir dari ESPN.

Joshua kini menghadapi masa depan yang tidak jelas, sementara Dubois melanjutkan kiprahnya sebagai juara IBF. Pertarungan ini menandai akhir tragis dari upaya Joshua untuk kembali ke puncak kejayaan di dunia tinju.

Populer video

Berita lainnya