Roy Suryo Yakin Pemilik Akun Kaskus Fufufafa Adalah Gibran

Pict by Instagram

Pakar telematika Roy Suryo menyatakan dengan keyakinan 99,9 persen bahwa akun Kaskus Fufufafa milik Gibran Rakabuming Raka, Wakil Presiden terpilih 2024-2029. Pernyataan ini disampaikan dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) yang ditayangkan pada 20 September 2024.

Roy Suryo menjelaskan bahwa secara teknis, akun Fufufafa jelas merupakan milik Gibran, mantan Wali Kota Solo. Ia menegaskan, “Akun ini load and clear adalah milik Gibran.” Beberapa unggahan lama dari akun Fufufafa telah muncul di media sosial, berisi pernyataan negatif terhadap Prabowo dan komentar melecehkan artis perempuan.

Roy Suryo mengandalkan dua pendekatan untuk menegaskan bahwa Fufufafa milik Gibran. Pendekatan pertama adalah socio-technical, yang mengamati gaya penulisan di akun Fufufafa. Ia mencatat, beberapa kata ditulis dengan gaya yang sama seperti di akun media sosial Chili Pari, yang merupakan usaha milik Gibran.

“Cara menulis seseorang tidak pernah berubah. Kata ‘yang’ ditulis ‘yg’, itu sama dengan gaya di Chili Pari,” ungkap Roy. Ia juga mengaitkan Fufufafa dengan akun-akun lain yang diduga milik Gibran dan Kaesang Pangarep. Cuitan Kaesang tahun 2011 dianggap sebagai bukti tambahan keterkaitan ini.

Pendekatan kedua adalah pure technical. Di sini, akun Anonymous melakukan pengecekan terhadap nomor handphone yang digunakan Fufufafa, yakni 0899 di belakangnya 33. “Nomor ini saat dipakai untuk recovery emergency, ketika dimasukkan dengan email Chili Pari, langsung terhubung ke Fufufafa,” kata Roy Suryo.

Dengan data ini, Roy menyimpulkan bahwa keterkaitan antara akun Fufufafa dan Gibran sangat jelas dan tak terbantahkan. Keputusan ini menimbulkan diskusi di media sosial mengenai identitas pemilik akun tersebut dan implikasinya bagi Gibran.

Populer video

Berita lainnya