6 Cara Efektif Membesarkan Anak yang Bahagia

pic by: canva.com

Anda ingin anak Anda bahagia. Sekarang, kita tahu bahwa definisi kebahagiaan itu beragam. Mudah untuk mendefinisikan kebahagiaan berdasarkan berapa banyak uang atau barang-barang material yang Anda miliki. Bahwa Anda tidak dapat mendefinisikan kebahagiaan berdasarkan jumlah uang Anda. Namun, masyarakat memberi tahu kita sesuatu yang berbeda. Anda membutuhkan mobil baru atau celana jins baru.

Saya menemukan bahwa yang paling diinginkan anak-anak adalah waktu Anda. Mungkin klise, tetapi Anda benar-benar tidak dapat membeli cinta. Ditemukan bahwa akar kecemasan pada anak sering kali berasal dari hubungan mereka dengan orang tua mereka.

Berikut adalah enam cara efektif untuk membesarkan anak yang bahagia:

1. Lakukan kontak fisik dengan anak Anda

Sebagai masyarakat, kita semakin menjauh dari sentuhan. Beginilah cara kita terhubung sebagai manusia. Gendong bayi Anda. Jangan biarkan mereka menangis sepuasnya. Ini akan membuat anak Anda merasa sendirian dan tidak aman. Saat mereka bertambah besar, berdansalah dan bermainlah dengan anak-anak Anda. Inilah yang paling mereka ingat.

2. Bernyanyilah untuk anak Anda

Mereka senang mendengar suara Anda. Jangan khawatir tentang bagaimana suara Anda; bernyanyilah saja. Anda dapat menyanyikan nama anak Anda atau lagu favoritnya. Saat anak-anak masih kecil, mereka secara alami akan menyenandungkan sebuah lagu. Lain kali anak Anda melakukan ini, bernyanyilah bersama mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan anak Anda.

3. Nikmati ‘kekacauan’ bersama

Anda akan kehilangan momen-momen bahagia bersama anak Anda jika Anda terlalu mengkhawatirkan kekacauan itu. Sepuluh tahun dari sekarang, kekacauan itu tidak akan berarti apa-apa. Mereka tumbuh begitu cepat, Anda tentu tidak ingin melewatkannya.

Berhentilah mengkhawatirkan apa yang akan dipikirkan keluarga dan teman-teman Anda. Yang penting adalah apa yang dipikirkan anak Anda dan bahwa Anda memiliki hubungan emosional dengan mereka. Saat mereka tumbuh dewasa, mereka tidak akan mengingat kekacauan itu, mereka akan mengingat Anda.

4. Tumbuhkan budaya bersyukur

Kenali apa yang Anda syukuri, betapapun kecilnya itu. Ini akan membantu menumbuhkan sikap bersyukur dalam keluarga. Anak Anda belajar dari apa yang Anda lakukan dan katakan. Saat Anda menumbuhkan sikap bersyukur, ini membantu menciptakan rasa kasih sayang dan harapan.

5. Tambahkan afirmasi positif ke rutinitas harian Anda

Ingat, anak Anda sedang mencoba menemukan tempatnya di dunia ini. Anda tahu ini tidak mudah. ​​Banyak orang dewasa juga masih mencoba menemukan tempatnya. Tegaskan pilihan positif yang dibuat anak Anda. Ini adalah cara mereka belajar menavigasi dunia tempat mereka tinggal. Anda dapat melakukannya dengan kata-kata atau bahasa tubuh.

Senyum sederhana akan memberi tahu mereka bahwa Anda menyetujui pilihan mereka. Bersikaplah terbuka terhadap ide-ide anak Anda dan biarkan mereka mencoba hal-hal baru. Anak-anak suka berpikir lantang. Pastikan untuk mendukung ini. Ini akan membantu kreativitas.

6. Jelajahi dunia bersama

Luangkan waktu setiap minggu untuk mempelajari sesuatu yang baru bersama anak Anda. Ikuti kelas memasak bersama anak Anda, atau kelas dansa. Jangan khawatir tentang penampilan Anda. Ini akan membantu menyamakan kedudukan. Anak Anda akan melihat bahwa Anda memiliki kesulitan yang sama seperti mereka. Anak Anda juga akan dapat memahami Anda dan melihat bahwa Anda memiliki kesulitan dan kemenangan dalam hidup.

Ini juga akan membuat anak Anda tahu, bahwa mereka tidak harus sempurna. Jangan menyalahkan diri sendiri jika Anda belum melakukan hal-hal ini. Ingat, semua orang tua yang baik membuat kesalahan. Dan, tidak ada kata terlambat untuk memulai dengan salah satu dari hal-hal ini hari ini. Nikmati waktu yang Anda miliki bersama anak Anda. Waktu itu akan berlalu sebelum Anda menyadarinya.

Populer video

Berita lainnya