Uzbekistan dan Iran Berkuasa di Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pict by ANTARA

Uzbekistan dan Iran tampil sempurna dalam dua laga awal Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kedua tim meraih kemenangan di dua pertandingan awal, memuncaki klasemen grup dengan poin sempurna. Pada matchday 1 yang digelar 5 September 2024, Uzbekistan berhasil mengalahkan Korea Utara dengan skor tipis 1-0. Di pertandingan lainnya, Iran juga menang dengan skor 1-0 atas Kirgistan. Kedua tim melanjutkan tren positif mereka pada matchday 2.

Pada 10 September 2024, Uzbekistan kembali meraih kemenangan penting dengan menundukkan tuan rumah Kirgistan 3-2 di Bishkek. Gol pembuka Uzbekistan dicetak oleh bintang AS Roma, Eldor Shomurodov, pada menit ke-17, hanya dua menit setelah tertinggal lebih dulu oleh gol Joel Kojo di menit ke-15. Kirgistan kembali unggul melalui gol Odilzhon Abdurakhmanov pada menit ke-35. Namun, Uzbekistan cepat menyamakan kedudukan berkat gol Khusniddin Alikulov di menit akhir babak pertama. Kemenangan Uzbekistan dipastikan oleh Oston Urunov pada menit ke-72, dengan assist dari Shomurodov.

Di laga lainnya, Iran juga meraih kemenangan kedua mereka. Bermain di Al Ain, Iran menang 1-0 atas Uni Emirat Arab (UEA) berkat gol Mehdi Ghayedi, pemain yang dijuluki Neymar dari Asia. Kemenangan ini membuat Iran terus menjaga rekor sempurna di Grup A.

Sementara itu, Korea Utara hanya mampu bermain imbang 2-2 melawan Qatar di Vientiane, Laos. Ri Il-song membuka keunggulan Korea Utara di menit ke-19, namun Qatar menyamakan kedudukan lewat penalti Akram Afif pada menit ke-31. Qatar berbalik unggul melalui gol Almoez Ali di menit ke-44, sebelum akhirnya Korea Utara kembali menyamakan skor lewat gol Kang Kuk-choi di menit ke-52.

Dengan hasil ini, Uzbekistan dan Iran sama-sama mengantongi 6 poin, namun Uzbekistan berada di puncak klasemen karena selisih gol yang lebih baik. UEA menduduki posisi ketiga dengan 3 poin, diikuti Korea Utara dan Qatar yang masing-masing baru meraih 1 poin. Kirgistan berada di dasar klasemen dengan 0 poin setelah dua kali kalah.

Pada matchday 3 yang akan digelar 10 Oktober 2024, Uzbekistan akan menjamu Iran dalam laga big match yang sangat dinantikan. Sementara itu, Qatar akan menghadapi Kirgistan dan Korea Utara akan bertandang ke UEA. Matchday 4 pada 15 Oktober 2024 akan mempertemukan Uzbekistan dengan UEA, Kirgistan melawan Korea Utara, dan Iran menghadapi Qatar di Teheran.

Populer video

Berita lainnya