Shin Tae-yong Tambah Pemain Keturunan untuk Timnas

Pict by Instagram

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berencana menambah dua pemain keturunan baru. Namun, identitas dua pemain ini belum diketahui. Saat ini, sudah ada 13 pemain keturunan di bawah asuhan Shin Tae-yong yang membela Tim Merah Putih. Beberapa di antaranya adalah Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

Meskipun telah memperkuat tim dengan pemain keturunan, Shin Tae-yong merasa timnas Indonesia masih membutuhkan tambahan. Kehadiran pemain keturunan dinilai meningkatkan kekuatan timnas, yang kini berada di peringkat ke-133 dunia dalam ranking FIFA. Indonesia juga menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Di babak kualifikasi ini, Indonesia tergabung dalam Grup C bersama Jepang, Arab Saudi, Australia, Bahrain, dan China. Shin Tae-yong menargetkan Indonesia finis di posisi ketiga atau keempat untuk melanjutkan ke Putaran Keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026. Untuk mencapai target tersebut, ia membutuhkan tambahan kekuatan dari pemain keturunan, terutama di posisi striker, yang menurutnya masih lemah.

Sejauh ini, Shin Tae-yong telah berkomunikasi dengan PSSI untuk mendekati dua pemain keturunan berdarah Indonesia. Mayoritas pemain keturunan yang bergabung sebelumnya berposisi sebagai bek, gelandang, dan penyerang sayap. Namun, Shin Tae-yong belum memiliki striker murni yang dibutuhkan timnas saat ini.

Salah satu nama yang disebut-sebut menjadi target Shin Tae-yong adalah Ole Romeny, penyerang asal klub FC Utrecht. “Kami memang membutuhkan striker. Jadi, mungkin akan ada penambahan di posisi tersebut,” ungkap Shin Tae-yong.

Populer video

Berita lainnya