Telkomsel Perkenalkan Robotic Telesurgery dengan 5G

Pict by Instagram

Telkomsel kini tak hanya menghadirkan jaringan 5G, tetapi juga memanfaatkannya untuk bidang kesehatan. Baru-baru ini, Telkomsel menunjukkan keunggulan jaringan 5G lewat operasi robotik jarak jauh. Kerja sama dengan Urological Association of Asia (UAA) membawa inovasi bedah jarak jauh menggunakan teknologi robotik dan konektivitas broadband 5G.

Kolaborasi ini mendukung Transformasi Sistem Kesehatan yang diprakarsai Kementerian Kesehatan RI. Fokusnya adalah pada pilar SDM Kesehatan untuk Layanan Spesialis Bedah Jarak Jauh dan Teknologi Kesehatan. Telkomsel bersama UAA dan Kemenkes RI menggunakan konektivitas 5G untuk melakukan bedah jarak jauh pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Prosedur bedah dilakukan dengan dokter di RSUP Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah Bali dan pasien di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. Ini membuktikan bahwa jarak tidak menghalangi layanan kesehatan berkualitas untuk masyarakat Indonesia. “Kerja sama ini menunjukkan semangat Indonesia dalam mendorong kemajuan ekosistem digital dan inovasi kesehatan,” kata Indrawan Ditapradana, Direktur Human Capital Management Telkomsel.

Telkomsel berkomitmen menyediakan teknologi terkini dan memberdayakan tenaga kesehatan dengan broadband 5G. Implementasi konektivitas ini juga dilakukan di Shenzhen, China, dalam kerja sama dengan UAA. Telkomsel dan UAA bekerja sama dengan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, RSUP Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah Bali, dan Animal Lab Shenzhen.

Puncak kolaborasi ini akan ditampilkan dalam The 21st Urological Association of Asia Congress di Bali, 5-8 September 2024. Lebih dari 2.800 peserta dari 53 negara akan menyaksikan praktik medis dan prosedur bedah jarak jauh dengan presisi dan real-time berkat Robotic Telesurgery dan konektivitas 5G.

Indrawan menjelaskan, Robotic Telesurgery didukung 5G adalah terobosan besar dalam meningkatkan akses layanan kesehatan di wilayah terpencil. Telkomsel menyediakan Infrastructure-as-a-Service (IaaS) untuk jaringan 5G dengan kecepatan tinggi, latensi rendah, dan jitter minim. Ini memungkinkan presisi tinggi dalam Robotic Telesurgery.

Sebelumnya, Telkomsel juga mendukung Kementerian Kesehatan dalam uji coba 5G Robotic Telesurgery di Bandung dan Yogyakarta pada Mei 2023. Keberhasilan ini mendapatkan penghargaan internasional dari GTI Awards 2024 untuk kategori Innovative 5G Service and Application di Mobile World Congress Barcelona.

Populer video

Berita lainnya