Perombakan Kabinet Jokowi, PDI Perjuangan Terkesan

Pict by Instagram

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini mengejutkan banyak orang dengan perombakan kabinetnya. Dalam reshuffle terbaru, dua tokoh penting dari PDI Perjuangan dicopot dari jabatan mereka. Arifin Tasrif, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Yasonna Laoly, yang merupakan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (MenkumHAM RI), tidak lagi berada di posisi mereka.

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, ternyata sudah mengetahui tentang perubahan ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Yasonna Laoly beberapa waktu lalu. Yasonna mengatakan, “Saya sudah memberitahukan kepada Ibu Megawati mengenai berita ini. Beliau menjawab dengan santai, ‘Yaudah..’. Ini adalah hal yang lazim.” Yasonna juga menyebut bahwa Megawati, sebagai mantan Presiden, paham mengenai hak prerogatif Presiden dalam memilih pembantunya.

Yasonna juga menyampaikan bahwa ia telah berkomunikasi langsung dengan Presiden Jokowi. Ia mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan selama hampir 10 tahun sebagai menteri. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden. Selama 10 tahun kurang dua bulan saya dipercaya sebagai menteri,” ujarnya. Meski demikian, ia menambahkan bahwa pembicaraan dengan Jokowi hanya bersifat santai dan penuh canda.

Mengenai penggantian posisinya, Yasonna mengaku telah siap dan menerima keputusan tersebut. Ia bahkan sudah mulai mempersiapkan diri untuk mengundurkan diri sebagai menteri. Yasonna menyebutkan bahwa ia telah memberitahukan stafnya untuk siap-siap dan mulai mengemas barang-barangnya. “Saya sudah mempersiapkan diri untuk pengunduran diri mulai pertengahan September. Saya juga sedang menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk menjadi anggota DPR,” jelasnya.

Pada hari Senin, 19 Agustus 2024, Presiden Jokowi resmi melantik beberapa menteri dan pejabat setingkat menteri di Istana Negara, Jakarta. Perubahan kabinet ini dilakukan menjelang akhir masa pemerintahan Jokowi pada 20 Oktober 2024. Dalam pelantikan tersebut, Jokowi mengangkat Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia yang baru, menggantikan Yasonna Laoly.

Selain Supratman, beberapa pejabat baru yang dilantik adalah sebagai berikut: Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Rosan Perkasa Roeslani sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika. Perombakan kabinet ini menandai akhir masa pemerintahan Jokowi yang akan berakhir dalam waktu dekat.

Populer video

Berita lainnya