Jadwal FP2, Verstappen Tampil Dominan di Belanda

Pict by Instagram

Pada sesi latihan bebas kedua (FP2) di Belanda, Max Verstappen memimpin balapan. Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, berhasil mengatasi Oscar Piastri dari McLaren. Sementara itu, pahlawan lokal Max Verstappen menempati posisi kelima. Lando Norris dari McLaren berada di posisi ketiga, dan Hamilton berada di posisi keempat. Sergio Perez dari Red Bull tidak berhasil masuk 10 besar, sedangkan Ferrari mengalami masalah keandalan pada Carlos Sainz.

Setelah kondisi basah dan liar di FP1, langit cerah menyambut sesi FP2. Pierre Gasly memimpin mobil-mobil keluar dari pit saat sesi dimulai. Semua pembalap memulai dengan ban medium atau hard. Verstappen mencatat waktu 1:12,131 detik sebagai tolok ukur awal. Banyak pembalap mengalami kesulitan di Tarzan akibat angin kencang.

Hamilton kemudian mencatat waktu 1:11,833 setelah mengganti ban medium. Sesi dihentikan sejenak ketika Nico Hulkenberg mengalami kecelakaan di Tarzan. Mobil Haas-nya terkunci dan rusak parah. Setelah penundaan enam menit, Verstappen kembali dengan ban lunak dan mencatat waktu 1:10,986 detik. Meski ada getaran pada mobilnya, Norris yang juga menggunakan ban lunak, mencatat waktu 1:10,961 detik dan melesat ke posisi depan.

Beberapa menit kemudian, Oscar Piastri dari McLaren meraih waktu 1:10,763 detik, menggeser Norris ke posisi kedua. George Russell merebut posisi kedua dengan catatan waktu 1:10,702, meski sempat menabrak pembatas jalan di tikungan terakhir. Hamilton menempati posisi ketiga, selisih 0,111 detik dari Russell. Charles Leclerc dari Ferrari menyelesaikan satu-satunya putaran dengan ban lunak di posisi kesembilan, di belakang Fernando Alonso dan pembalap lain.

Alex Albon melengkapi 10 besar untuk Williams, diikuti oleh Lance Stroll dari Aston Martin dan Sergio Perez dari Red Bull. Setelah itu, fokus beralih ke pengumpulan data jangka panjang. Cuaca akhir pekan diperkirakan bervariasi, dengan kemungkinan angin lebih lemah pada balapan hari Minggu. Ferrari hanya memiliki satu catatan dengan ban lunak dari Leclerc. Sainz mengalami masalah gearbox yang menyebabkan ia keluar dari sesi. Insiden di pitstop yang melibatkan Zhou Guanyu, Daniel Ricciardo, Albon, dan Stroll akan diselidiki setelah sesi.

Populer video

Berita lainnya