Cara Islam Ajari Anak untuk Menjadi Luar Biasa

pic by: canva.com

Ajari Anak Anda untuk Menjadi Luar dan saya telah berbicara cukup banyak tentang menjadi luar biasa, dan apa artinya. Saya tidak berharap dia mendapatkan nilai sempurna, menjadi pemain anggar nomor 1 dalam kompetisi nasional, atau menjadi individu yang sempurna. Saya berharap dia mencoba untuk bangkit dari yang biasa-biasa saja.

Biasa-biasa saja didefinisikan sebagai, “tidak memiliki kualitas atau minat khusus.” Apakah anak-anak saya ingin dikenal sebagai seseorang yang tidak memiliki kualitas atau minat khusus? Jadi apa yang membuat seseorang istimewa, atau menarik?

Kualitas nomor satu yang saya inginkan dari anak-anak saya adalah bahwa mereka bangkit dari budaya populer dan berdiri teguh dalam moral dan nilai-nilai yang kita junjung tinggi yaitu Islam. Apakah saya pikir mereka akan menjadi sempurna dan bahkan tidak pernah berpegangan tangan dengan seseorang sebelum mereka menikah? Tidak harus, tetapi saya tidak berpikir pantas bagi mereka untuk hanya mengikuti orang banyak dan melakukan apa yang dilakukan orang lain.

Sekadar mengikuti apa yang dilakukan orang lain, menurut definisi, membuat seseorang menjadi biasa. Membaur dan mengikuti status quo adalah hal yang biasa. Seseorang dapat berargumen bahwa membaur dengan komunitas Muslim dan menyesuaikan diri dengan status quo akan menempatkan Anda dalam kategori Biasa yang sama, yang akan saya tanggapi dengan mengatakan bahwa ada perbedaan antara mengelilingi diri Anda dengan mereka yang melawan arus, dan terjun ke arus budaya saat ini dan membiarkan diri Anda tersapu ke dalamnya.

Banyak yang memilih untuk melepaskan diri dari kategori biasa dengan menjadi lebih berani daripada norma. Ini berita lama. Selalu ada seseorang yang mencoba mengejutkan orang-orang di sekitar mereka. Itu tidak membuat seseorang menjadi luar biasa.

Menjadi luar biasa berarti mampu mengendalikan diri sendiri ketika orang lain melepaskan. Mampu menikmati hal-hal sederhana dalam hidup dan tidak selalu perlu memiliki lebih banyak dan melakukan lebih banyak. Menjadi luar biasa berarti menghargai orang-orang di sekitar Anda apa adanya, dan bukan hanya karena apa yang mereka lakukan untuk Anda. Menjadi luar biasa berarti Anda berkesan dan orang-orang akan merindukan Anda ketika Anda tidak ada. Siapa pun dapat membuat lelucon, tetapi apakah Anda menyediakan lebih dari sekadar DVD komedi tunggal? Menjadi luar biasa berarti mengeluarkan yang terbaik dari orang-orang di sekitar Anda. Itu juga berarti Anda harus menetapkan standar yang lebih tinggi daripada yang ditetapkan orang lain untuk Anda.

Sulit ketika anak-anak kita beranjak dewasa dan mereka mulai berpikir bahwa kita, sebagai orang tua, tidak tahu bagaimana rasanya berada di posisi mereka. Ingatlah nasihat dari hadis Nabi Muhamad berikut ini:

“Anak adalah tuan selama tujuh tahun, budak selama tujuh tahun, dan wazir selama tujuh tahun. Jadi, jika ia tumbuh menjadi karakter yang baik dalam waktu 21 tahun, baiklah; jika tidak, biarkan saja dia karena Anda telah menunaikan tanggung jawab Anda di hadapan Allah.”

Pada usia remaja, anak-anak kita memiliki lebih banyak suara dalam hidup mereka, jadi nasihat apa pun yang kita berikan harus disampaikan sebagai teman, bukan sebagai tuan atas dunia mereka. Insya Allah, akan lebih bermanfaat untuk melakukannya.

Mulailah saat mereka masih muda, insya Allah, dan ingatlah untuk membimbing mereka sebagai teman saat mereka melewati masa remaja. Semua orang ingin menjadi luar biasa. Terkadang perlu sedikit diingatkan tentang apa sebenarnya itu.

Populer video

Berita lainnya