5 Fakta Mengejutkan tentang Makanan Malaysia yang Perlu Kamu Ketahui

pic by: canva.com

Saat mencari tahu tentang fakta makanan Malaysia, Anda akan menemukan bahwa makanan Melayu mencerminkan susunan multietnis penduduknya. Dengan memadukan tradisi kuliner Melayu, Tiongkok, dan India, Anda akan mendapatkan perpaduan rasa yang luar biasa yang membentuk masakan Malaysia.

Saat berada di Malaysia, kami mengunjungi Penang yang dikenal sebagai ibu kota makanannya, di kota bersejarah Georgetown, sebuah Situs UNESCO. Di sini, Anda akan menemukan perpaduan masakan dan aroma serta suara makanan yang dimasak di depan mata Anda. Untuk membantu Anda mempersiapkan perjalanan ke Malaysia, berikut adalah 10 fakta tentang makanan Malaysia yang perlu Anda ketahui.

1. Makanan Malaysia – Perpaduan Tiga Masakan

Salah satu alasan terbaik untuk bepergian ke Malaysia adalah untuk menikmati makanannya. Meskipun dua kuliner – Tiongkok dan India – dikenal di seluruh dunia, ada perbedaan provinsi yang dapat Anda temukan dalam hidangan Melayu. Kuliner India di Malaysia sebagian besar berasal dari India selatan, dan cita rasanya lebih ringan dan pedas.

Orang Tionghoa Malaysia, dengan subkelompok Hokkien sebagai yang terbesar, memiliki gaya memasak mereka sendiri yang lebih ringan daripada India atau Melayu. Makanan Melayu cenderung pedas dan aromatik serta berbahan dasar daging dan makanan laut. Intinya, makanan Malaysia mencakup beberapa budaya. Makanan ini merupakan petualangan yang menarik dan beragam, penuh dengan rempah-rempah, cita rasa, dan aroma.

2. Nasi Lemak – Makanan Malaysia Paling Populer

Nasi lemak dianggap sebagai hidangan nasional Malaysia. Makanan ini terdiri dari beras ketan yang dimasak dengan santan dan daun pandan. Anda akan menemukan bahwa makanan ini secara tradisional disajikan dengan saus sambal, bumbu pedas, bagian penting dari budaya makanan di Malaysia dan negara tetangga Singapura. Irisan mentimun segar, ikan teri goreng kecil, kacang tanah panggang, dan telur rebus melengkapi hidangan ini.

3. Bahan-Bahan Utama yang Ditemukan dalam Makanan Malaysia

Masakan Malaysia secara alami menekankan bahan-bahan lokal. Cabai, kelapa, dan belacan merupakan bahan penting dalam hidangan Melayu. Tidak ada daftar makanan Malaysia yang tanpa menyebutkan belacan. Ini adalah saus pedas udang fermentasi yang menyengat yang digunakan dalam banyak cara dalam masakan Melayu.

4. Kebiasaan Makan di Malaysia

Anda mungkin pernah mendengar bahwa orang-orang di Malaysia hanya makan dengan tangan kanan. Meskipun ini tidak berlaku untuk seluruh penduduk, Muslim Melayu akan mematuhi aturan ini. Hal ini tidak diharapkan dari wisatawan. Orang Melayu sering makan makanan dengan tangan mereka, dan Anda mungkin tidak menemukan peralatan makan yang tersedia di semua tempat. Kami terkejut menemukan hal ini saat pertama kali kami makan Nasi Lemak di restoran tradisional.

Meskipun Malaysia adalah negara yang beragam dengan banyak bahasa dan dialek, Anda akan selalu menemukan petunjuk dalam bahasa Inggris atau seseorang yang berbicara bahasa Inggris untuk membantu Anda. Terlebih lagi, orang-orang Malaysia sangat ramah dan selalu bersedia membantu.

5. Pusat Jajanan – Untuk Pengalaman Kuliner Malaysia Terbaik

New Lane merupakan pusat jajanan populer di Penang. Malaysia adalah negara pertama tempat kami menemukan pusat jajanan. Ini adalah kompleks makanan terbuka tempat kios-kios makanan menyiapkan hidangan untuk dimakan di tempat. Ada banyak pusat jajanan di mana-mana, dan merupakan bagian penting dari budaya kuliner di Malaysia. Setelah mengunjungi beberapa pusat, kami jadi memahami beberapa aturan yang tidak tertulis.

Pertama, telusuri berbagai kios dan jelajahi hidangan yang ditawarkan. Setelah Anda tahu apa yang ingin Anda makan, pilih meja di dekat sana dan duduklah. Kemudian, kembalilah untuk memesan makanan langsung dari kios. Mereka akan menanyakan tempat duduk Anda dan membawakan makanan setelah siap.

Populer video

Berita lainnya