2 Tips Cara Makan Unik untuk Jaga Daya Tahan Tubuh dari Ahli Gizi

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/RealPeopleGroup

Menjaga daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui makanan yang dikonsumsi. Makanan sehat mengandung nutrisi penting yang membantu memelihara imunitas, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Ahli gizi Kim Shapira membagikan daftar makanan dan tips cara mengonsumsinya kepada CNBC Make It agar kamu bisa merasakan manfaat maksimal. Baginya, menjaga kesehatan usus sangat berpengaruh pada imunitas. Yuk, cari tahu makanan apa saja yang baik dan cara mengonsumsinya!

Makanan yang Baik untuk Imunitas

Shapira merekomendasikan sejumlah makanan yang baik untuk usus, sehingga imunitas tubuh juga terjaga. Berikut adalah makanan yang sebaiknya kamu konsumsi:

  1. Makanan tinggi omega-3: seperti flaxseed, chia seeds, dan ikan berlemak.
  2. Variasi buah dan sayuran.
  3. Probiotik.
  4. Makanan fermentasi.
  5. Makanan kaya antioksidan: seperti vitamin A, C, D, E, dan K, seperti asparagus, kacang-kacangan, jamur, buah beri, dan jeruk.
  6. Makanan kaya serat: seperti gandum utuh.

Tips Makan agar Bermanfaat untuk Daya Tahan Tubuh

Setelah menghidangkan makanan bernutrisi yang baik untuk imunitas, saatnya menyantap makanan dengan cara yang direkomendasikan. Shapira memberikan dua tips unik yang bisa kamu lakukan agar dapat mengoptimalkan manfaat dari makanan penguat kekebalan tubuh tersebut.

  1. Hirup aroma makanan terlebih dahulu.
    Shapira merekomendasikan untuk menghirup aroma makanan sebelum mulai menyantapnya. Dengan menghirup aroma yang lezat, air liur akan terbentuk dalam mulut, yang merupakan sinyal bagi tubuh bahwa saatnya untuk mencerna makanan telah tiba. Enzim pencernaan akan dikeluarkan, membantu menyerap nutrisi dari makanan ke dalam tubuh.
  2. Kunyah makanan dalam waktu yang lama.
    Mengunyah makanan memiliki manfaat tersendiri jika dilakukan dengan tepat. Shapira menyarankan agar kita mengunyah makanan lebih lama dari biasanya. “Gigi adalah bentuk pertama dari pencernaan mekanis. Gigi memecah makanan dan serat dalam makanan sehingga kita bisa mendapatkan nutrisi dari dalamnya,” jelas Shapira. Ketika makanan ditelan dalam bentuk yang sudah halus seperti cairan, tubuh dapat menyerap nutrisi lebih baik. Sebaliknya, jika kita tidak mengunyah sampai halus atau bahkan tidak mengunyah sama sekali, beberapa nutrisi dalam makanan bisa terlewatkan.

Dengan mengikuti tips dan mengonsumsi makanan yang direkomendasikan ini, kamu bisa menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal. Makanan sehat mengandung nutrisi penting yang membantu memelihara imunitas.

Populer video

Berita lainnya