Miliano Jonathans, Kandidat Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Pict by Instagram

Winger Vitesse Arnhem, Miliano Jonathans, kini jadi sorotan untuk dinaturalisasi menjadi pemain Timnas Indonesia. Miliano, yang lahir di Arnhem, Belanda, pada 5 April 2004, baru berusia 20 tahun. Meski muda, ia telah tampil 20 kali di Eredivisie, liga utama Belanda.

Darah Indonesia mengalir dalam tubuhnya. Neneknya berasal dari Depok, Jawa Barat. Keluarganya pernah tinggal di Jalan Pemuda, Pancoran Mas, dekat Stasiun Depok Lama. Miliano pernah mengunjungi Depok dan berharap bisa kembali ke Indonesia suatu saat nanti.

“Saya sudah pernah ke Indonesia saat kecil dan ingin mengunjunginya lagi,” ujar Miliano. “Keluarga saya sangat menikmati kunjungan ke Indonesia dan mereka menceritakan betapa menyenangkannya berada di Depok.”

Miliano Jonathans, keturunan marga Jonathans, salah satu dari 12 marga Belanda di Depok. Ia adalah produk Akademi Vitesse dan dipromosikan ke tim utama sejak 2022. Namun, karena usianya masih muda, ia lebih banyak bermain di Liga Belanda U-21.

Musim lalu, Miliano mencatatkan tujuh penampilan di Eredivisie dan Piala Belanda dengan total 119 menit. Sayangnya, pada September 2023, ia mengalami cedera ACL yang membuatnya absen hingga akhir musim.

Pada musim depan, ia harus bermain di Eerste Divisie karena Vitesse terdegradasi dari Eredivisie. Pada awal Juli 2024, Miliano mengunjungi Jakarta dan bertemu Hamdan Hamedan, Tenaga Ahli Menpora Bidang Potensi Pemuda dan Diaspora, yang berpengalaman dalam proses naturalisasi.

Populer video

Berita lainnya