Indonesia Naik ke Peringkat 28 dalam Klasemen Medali Olimpiade 2024 Berkat Dua Emas

Pict by Instagram

Indonesia berhasil naik ke peringkat ke-28 dalam klasemen medali Olimpiade 2024. Peningkatan ini dipicu oleh keberhasilan Rizki Juniansyah meraih medali emas di cabang angkat besi. Sebelumnya, Indonesia memperoleh medali perunggu pertama dari Gregoria Mariska Tunjung di cabang bulutangkis tunggal putri.

Pada Kamis, 8 Agustus 2024, Veddriq Leonardo menyumbang emas dari cabang panjat tebing nomor speed. Rizki Juniansyah menambah emas kedua untuk Indonesia melalui cabang angkat besi. Atlet berusia 21 tahun ini berhasil mengangkat total beban 354 kg, dengan rincian 155 kg di snatch dan 199 kg di clean & jerk.

Dengan tambahan dua emas ini, Indonesia naik ke posisi ke-28 dalam klasemen perolehan medali. Filipina, sesama negara Asia Tenggara, berada di urutan ke-25 dengan dua emas dan dua perunggu. Thailand menempati peringkat ke-32 dengan satu emas, tiga perak, dan dua perunggu.

Di puncak klasemen, Amerika Serikat masih memimpin dengan 30 emas, 38 perak, dan 35 perunggu. China berada di posisi kedua dengan 28 emas, 25 perak, dan 19 perunggu, sementara Australia di peringkat ketiga dengan 18 emas, 14 perak, dan 13 perunggu.

Posisi Indonesia yang kini berada di peringkat ke-28 menjadi bukti bahwa atlet-atlet Tanah Air mampu bersaing di kancah internasional. Semoga prestasi ini dapat terus meningkat hingga akhir Olimpiade.

Populer video

Berita lainnya